Canon 7D Mark II: Kamera Gesit Pemburu Gambar Cepat - Halaman 2

Review Produk

Canon 7D Mark II: Kamera Gesit Pemburu Gambar Cepat

- detikInet
Selasa, 02 Des 2014 07:19 WIB
Halaman ke 2 dari 6
Canon 7D Mark II: Kamera Gesit Pemburu Gambar Cepat

Body EOS 7D Mark II dibuat dengan bahan magnesium alloy dan lebih kokoh dari sebelumnya, tahan cuaca dan debu, punya dua slot memory card (CF dan SD card) dan shutter unitnya sanggup lolos uji sampai 200 ribu kali jepret.

Walau sensor 20 MP di EOS 7D mk II ini adalah APS-C (sementara 5D dan 6D adalah full frame), tapi bagi fotografer aksi maupun jurnalis justru terbantu karena adanya crop factor 1,6x bisa membuat jangkauan lensa yang dipasang jadi lebih tele.

Untuk desain antarmukanya ada sedikit perubahan di bagian belakang kamera yang saya nilai positif, yaitu tombol AF-ON (tombol untuk fokus) yang ukurannya lebih besar dari 7D, tombol Q yang diposisikan di sebelah kanan sehingga mudah terjangkau oleh jempol, dan ada tuas baru yang melingkari joystick untuk mengubah mode autofokus.

Sayangnya, seperti Canon 7D, 7D Mark II memiliki layar LCD yang tidak bisa diputar seperti adiknya 60D dan 70D. Beberapa fotografer mungkin juga akan kecewa karena tidak ada fitur WiFi untuk mentransfer foto atau remote shooting. 

Jendela bidik optik (viewfinder) kamera relatif besar dan jelas. Ada inovasi baru dari Canon yaitu menempatkan lapisan layar LCD yang bersifat transparan tepat di jendela bidik untuk menampilkan informasi setting kamera, dual axis electronic level untuk membantu garis horizon supaya tetap lurus, dan garis-garis bantu komposisi. Saya menyambut positif fitur baru ini karena sangat membantu bagi fotografer dalam komposisi sebelum memotret.



Saat saya memotret dengan mode M (Manual), biasanya lightmeter ada di bagian bawah jendela bidik kamera, tapi di 7D Mark II ini, lightmeter pindah ke sebelah kanan viewfinder, mirip dengan kamera analog di masa lalu. Saat memotret dengan mode lainnya seperti mode P, indikator kompensasi eksposur akan muncul di bagian bawah viewfinder.



(ash/ash) (ash/ash)