Canon G1X Mark II: Kamera Compact Rasa DSLR - Halaman 5

Review Produk

Canon G1X Mark II: Kamera Compact Rasa DSLR

- detikInet
Senin, 30 Jun 2014 13:07 WIB
Halaman ke 5 dari 8
Canon G1X Mark II: Kamera Compact Rasa DSLR

Di atas kertas, performa G1X Mark II ini seharusnya lebih pantas dibandingkan dengan kamera DSLR, bukan dengan kamera compact.
 
Dari segi kualitas gambar, foto yang dihasilkan terlihat tajam dan mempunyai tingkat saturasi yang cukup tinggi. Di sini, keunggulan prosesor Digic 6 pun ditunjukkan, yaitu dengan akurasi auto white balance yang hampir selalu tepat.


f/8 shutter 1/60 ISO 125.


f/2 shutter 1/60 ISO 640.

Ketika hasil gambarnya di-crop 100% pun detail gambar terlihat masih bagus, tak seperti kamera compact pada umumnya. Ini karena ukuran sensor G1X Mark II yang sangat besar untuk kamera compact.

Noise yang dihasilkan dalam pemotretan dengan ISO tinggi relatif tak mengganggu sampai dengan ISO 3200, itu pun setelah foto di-crop 100%. Prosesor Digic 6-nya bekerja sangat baik dalam mengurangi noise, tanpa menghilangkan banyak detail foto.


f/3,5 shutter 1/60 ISO 3200.


f/3,2 shutter 1/8 ISO 400.


Crop 100%.

Ditambah dengan penggunaan lensa berbukaan besar, performa low light kamera ini semakin superior. Selain itu, kombinasi lensa bukaan besar dan sensor besar membuat kamera ini mudah mendapat efek bokeh.

f/2.2 shutter 1/60 ISO 2000.

Sayang, berbagai keunggulan tersebut harus sedikit ternoda dengan kinerja autofokus yang tidak terlalu baik. Meski tak bisa dibilang lambat, kecepatan autofokus G1X Mark II ini belum bisa mengejar kecepatan autofokus sejumlah kamera mirrorless merk lain.

Tak hanya itu, autofokusnya kadang gagal menentukan titik fokus saat digunakan dalam kondisi yang temaram. Inilah mungkin yang menyebabkan Canon memberikan lampu AF-assist yang cukup besar dan terang.



(ash/ash) (ash/ash)