Canon G1X Mark II: Kamera Compact Rasa DSLR - Halaman 4

Review Produk

Canon G1X Mark II: Kamera Compact Rasa DSLR

- detikInet
Senin, 30 Jun 2014 13:07 WIB
Halaman ke 4 dari 8
Canon G1X Mark II: Kamera Compact Rasa DSLR

G1X Mark II memang terbilang berat untuk ukuran kamera compact. Dengan ukuran grip yang kecil, handling kamera ini dengan satu tangan relatif sulit. Kemungkinan besar pengguna akan butuh dua tangan untuk bisa menggunakan kamera ini dengan nyaman.



Untuk melakukan berbagai pengaturan kamera, selain sejumlah tombol pada bagian atas dan belakang kamera, Canon juga memberikan dua buah ring lens. Satu dari ring lens itu mempunyai aksen clicky, layaknya ring untuk mengatur diafragma di sejumlah lensa DSLR.

Kegunaan ring lens itu bermacam-macam tergantung keinginan pengguna. Diafragma, shutter speed, mengatur zoom lensa, juga autofokus. Namun penggunaan ring lens untuk mengatur fokus dirasa detikINET terlalu lambat, karena radius putarnya yang terlalu besar.

Di bagian atas kamera ada beberapa tombol, yaitu tombol shutter, tombol power kamera, dan tombol play untuk melihat hasil foto. Ada juga tombol putar untuk memilih mode pemotretan. Oh ya, di bagian bawah tombol shutter juga ada tombol untuk mengatur zoom lensa.



Bagian belakangnya didominasi oleh LCD 3 inch dengan kemampuan touchscreen berjenis kapasitif. Ini membuat layar sentuhnya sangat intuitif dan mudah digunakan, semacam layar sentuh di smartphone kelas atas.

Dengan layar sentuh ini, pengguna bisa menentukan titik fokus, bernavigasi saat melihat gambar, ataupun menghapus foto yang tidak dikehendaki.

LCD ini bisa diputar 180 derajat sampai menghadap ke depan kamera, pasti akan menyenangkan untuk pencinta selfie. Selain itu LCD-nya juga bisa diputar sampai dengan 45 derajat ke bawah. Sayang fitur ini tak berguna ketika mengambil gambar secara portrait.

LCD juga menjadi jendela satu-satunya untuk melihat foto yang akan diambil. Ini karena Canon tak memberikan optical ataupun electronic viewfinder di G1X Mark II ini. Jika pengguna merasa membutuhkannya, tersedia EVF yang bisa dibeli secara opsional, dan bisa dipasang di hotshoe kamera ini.

Selain itu, bagian belakang kamera ini juga ada beberapa tombol dengan bermacam fungsi. Antara lain, masuk ke mode manual fokus, mengatur mode autofokus, dan masuk ke dalam menu.

Namun menurut detikINET, tombol yang paling berguna adalah tombol function set yang ada di bagian tengah tombol putar. Tombol ini adalah akses cepat ke sejumlah menu utama kamera, seperti mode autofokus, metering, pilihan kualitas foto, dan lain sebagainya.

Untuk menyalakan fitur WiFi, Canon juga memberikan sebuah tombol khusus. Konektivitas Wi-Fi ini bisa digunakan untuk menghubungkan G1X Mark II ke smartphone iOS maupun Android, keduanya dengan bantuan aplikasi Canon CameraWindow yang tersedia di App Store dan Play Store.

Fungsi dari aplikasi tersebut selain untuk mengirim foto ke smartphone, juga bisa melakukan remote shooting dengan smartphone sebagai pengendali.



(ash/ash) (ash/ash)