Prototipe Kamera Leica Bikinan Desainer iPhone Dilelang, Harganya?

Prototipe Kamera Leica Bikinan Desainer iPhone Dilelang, Harganya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 31 Mar 2021 15:00 WIB
Prototipe Leica yang didesain oleh Jony Ive, desainer iPhone.
Foto: Dok. Leica
Jakarta -

Sebuah prototipe kamera Leica yang didesain mantan bos desain Apple Jony Ive dilelang pada Juni mendatang. Berapa harga pembukaannya?

Kamera Leica dengan warna silver tersebut adalah hasil desain dari Jony Ive dan seorang desainer lain bernama Marc Newson. Prototipe kamera yang dideskripsikan dalam kondisi 'B+' tersebut dilelang dengan harga pembukaan 100 ribu euro, atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Pembuatan kamera prototipe tersebut terjadi saat pengembangan satu-satunya kamera Leica M for (RED), yang versi finalnya pada 2013 dilelang untuk amal senilai USD 1,8 miliar, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (31/3/2021).

Sementara kamera yang dilelang saat ini adalah kamera yang desainnya berada pada tahap akhir. Desainnya sendiri dibilang bergaya sama dengan Mac Pro 'parutan keju'. Bedanya adalah Leica ini terlihat punya bodi yang reflektif dan halus.

Lensa yang terpasang pada kamera itu adalah Apo-Summicron 2/50mm ASPH. Dan tak dijelaskan juga apakah kamera dan lensa tersebut bisa berfungsi atau sekadar pajangan.

Dalam deskripsi lelang di Leitz Photographica Auction tersebut tertulis:

"Satu-satunya kamera yang selesai dibuat dan dijual pada lelang tahun 2013 seharga USD 1,8 juta. Prototipe yang kami tawarkan menunjukkan tahap pengembangan final di mana kamera sudah berada pada bentuk akhir setelah ratusan komponen prototipe sudah dibuat dan dicoba."

Saat itu Leica mengklaim ada 561 model dan hampir 1000 komponen prototipe yang dibuat selama proses pengembangan kamera tersebut. Produk akhirnya, Leica M for (RED) kemudian dilelang bersama dengan 40 barang lain, yang menghasilkan uang USD 26 juta untuk disumbangkan.

Newson sendiri setelah ikut mendesain kamera tersebut bergabung ke Apple dan bekerja di divisi yang dipimpin oleh Ive.



Simak Video "AS Terbitkan 2 Aplikasi Paten Baru Apple, Mau Bikin Drone?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)