4 Tips Optimalkan Kamera Ponsel untuk Hasilkan Video ala Profesional

4 Tips Optimalkan Kamera Ponsel untuk Hasilkan Video ala Profesional

Abu Ubaidillah - detikInet
Selasa, 24 Nov 2020 07:05 WIB
Vlogging
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Selain foto, di media sosial juga banyak unggahan video-video trendi dari berbagai kalangan, khususnya anak muda. Bahkan beberapa orang tak segan mengeluarkan banyak modal untuk menciptakan konten videografi yang menakjubkan.

Nah bagi yang ingin memperkaya konten media sosial dengan video ala profesional, kamu bisa melakukannya hanya dengan smartphone tanpa harus membeli peralatan video mahal. Caranya adalah dengan mengoptimalkan kamera pada smartphone seperti tips-tips berikut ini.

1. Gunakan Tripod

Kadang membuat video dengan objek yang bergerak cepat cukup sulit. Bila hanya mengandalkan smartphone saja untuk mengikuti gerakan cepat objek yang ingin direkam tentu sangat sulit. Tripod akan membantumu menghasilkan video menjadi lebih stabil.

2. Pakai Fitur Penstabil Gambar

Tidak semua smartphone dilengkapi fitur penstabil gambar. Bila smartphone kamu telah memilikinya, ini akan sangat membantu untuk mengambil gambar yang bergerak cepat. Beberapa fitur penstabil gambar juga dilengkapi kombinasi artificial intelligence, bahkan mengombinasikan sensor yang ada di smartphone, di antaranya adalah gyroscope. Beberapa smartphone bahkan sudah dilengkapi dengan fitur penstabil gambar layaknya kamera profesional, contohnya fitur Ultra Steady Pro.

3. Gunakan Fitur agar Video Lebih Menarik

Smartphone modern memiliki banyak fitur yang bisa membuat hasil rekaman menjadi menarik. Contohnya fitur background yang terlihat blur atau bokeh. Dengan fitur ini kamu bisa mengisolasi objek sementara layar belakang gambar di luar objek dibuat menjadi blur. Berbagai filter untuk video juga bisa diterapkan untuk menghasilkan video yang tampil beda. Begitu juga dengan fitur yang dikembangkan memakai kecerdasan buatan, yakni isolasi warna.

4. Atur Resolusi Tertinggi

Bila kamu akan mengunggah video tersebut ke media sosial, sebaiknya kamu memberikan resolusi video yang tinggi. Beberapa smartphone masa kini sanggup untuk merekam video dalam resolusi 4K. Dengan kemampuan resolusi gambar yang tinggi, maka hasil video akan terlihat lebih jelas, tajam, dan jernih.

Dengan tips-tips tersebut, membuat videografi ala profesional bukan angan-angan belaka. Beberapa fitur di atas telah ada di smartphone OPPO Reno4. Smartphone dengan harga Rp 4,999 juta ini telah menyediakan kemampuan perekaman video 4K.

Selain itu di perangkat ini juga telah memiliki fitur penstabil gambar yang terdiri dari Ultra Steady Video dan Ultra Steady Video Pro. Kedua fitur tersebut membantu pengguna supaya bisa merekam gambar lebih stabil tanpa bantuan alat tambahan seperti gimbal.

OPPO Reno4 juga menyisipkan fitur-fitur video menarik lainnya, salah satunya adalah fitur AI Color Portrait Video yang bisa merekam video dengan menjaga objek memiliki warna seperti aslinya, sedangkan latar belakang objek dibuat menjadi hitam-putih.

Ada pula fitur Monochrome Video yang kian menjadikan tampilan video menjadi lebih menarik lagi. Pengguna bisa menunjukkan elemen warna tertentu yang menonjol pada video, seperti merah, biru, atau hijau. Sementara warna lainnya akan dibuat menjadi hitam putih. Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini.

[Gambas:Youtube]



(prf/ega)