Kamis, 15 Sep 2016 14:05 WIB

Photokina 2016

Apa Mainan Baru Canon, Nikon, Leica & Fujifilm?

enche - detikInet
Fujifilm X-T2 (Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati) Fujifilm X-T2 (Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati)
Jakarta - Photokina merupakan pameran fotografi dua tahunan dan ajang bagi perusahaan yang bergerak di bidang fotografi untuk unjuk gigi.

Acara ini digelar di kota Cologne, Jerman, mulai 19 September. Setiap perusahaan akan mengadakan konferensi pers dan pameran akan terbuka untuk umum dari tanggal 20 sampai 25 September.

Di tahun 2016 ini, gempa Kumamoto di Jepang telah memberikan dampak yang cukup buruk bagi perusahaan pembuat kamera karena pasokan sensor gambar dari pabrik Sony terkena bencana tersebut.

Dampak gempa bumi ini akan terasa bagi produsen kamera yang mengandalkan sensor Sony seperti Nikon, Olympus, Panasonic, Fujifilm dan tentunya Sony sendiri. Saya pribadi berharap ada kejutan di Photokina.

Canon

Canon akan memamerkan 5D mark IV yang baru diumumkan belum lama ini. Kamera DSLR seri 5D merupakan kamera unggulan Canon yang memiliki sensor full frame dan populer di kalangan fotografer profesional, semi profesional dan juga penghobi fotografi.

Canon 5D mk IV juga akan dilengkapi dengan kemampuan merekam video 4K, peningkatan kualitas dalam dynamic range dan pengendalian noise di ISO tinggi sehingga foto di kondisi gelap bukan jadi masalah lagi.

EOS M3.EOS M3.


Juga terdengar rumor bahwa Canon akan mempersiapkan kamera mirrorless Canon EOS M5 yang memiliki jendela bidik built-in untuk menemani Canon EOS M10 dan M3 yang telah hadir.

Canon juga sepertinya akan memperbaharui lensa-lensa L-nya untuk dapat memaksimalkan kamera resolusi tinggi. Dua lensa yang sudah diumumkan secara resmi diantaranya 24-105mm f/4 L II dan 16-35mm f/2.8 L III.

Nikon

Nikon memamerkan kamera pemulanya seri Nikon D3400 untuk APS-C. Highlight dari Nikon D3400 adalah teknologi Snapbridge (Blue tooth BLE) yang memungkinkan konektivitas ke ponsel lebih bagus dan cepat. Dan peningkatan lainnya. Kemungkinan juga desain kamera diperkecil untuk bersaing dengan kamera mirrorless.

Lensa Nikon baru yaitu 105mm f/1.4, lensa portrait dengan bukaan yang sangat besar ini akan dipamerkan di Photokina. Akan ada kemungkinan lensa-lensa baru.

Sama seperti Canon, kemungkinan Nikon dapat memberi kejutan lain yaitu diumumkannya kamera Nikon mirrorless baru dengan sensor gambar yang lebih besar dari sistem mirrorless Nikon 1 yang sudah ada.

Nikon juga akan memamerkan tiga model action cam yang dinamakan Keymission. Kamera tersebut akan dibedakan dari sudut pandang lensanya.

Sony

Sony dalam beberapa tahun belakangan sangat aktif mengeluarkan kamera-kamera mirrorless high-end. Di Photokina, Sony dispekulasikan akan meluncurkan kamera mirrorless baru.

Ada kemungkinan salah satu mirrorless fullframenya akan diperbaharui seperti A7 generasi III, compact RX100 V yang ditingkatkan sistem autofokusnya, dan muingkin kamera compact baru seperti RX100 IV.

Di bagian lensa, Sony semakin giat melengkapi lensa-lensa mirrorless untuk profesional seperti Sony Zeiss FE 50mm f/1.4 dan terdengar kabar akan ada lensa unik yaitu STF (Smooth transfocus) seperti 135mm. Selain itu, Zeiss, salah satu partner penting Sony dikabarkan akan meluncurkan lensa autofokus E-mount baru untuk Sony.

Fujifilm

Di Photokina 2016 ini, Fuji akan memperkenalkan dan mempromosikan Fuji XT2, kamera mirrorless terbaru yang ditujukan untuk profesional dan penghobi serius. Selain itu Fuji X-A3, kamera mirrorless pemula juga akan dipamerkan.

Fuji juga sedang mempersiapkan sistem kamera medium format dan beberapa lensa baru. Desain kamera ini mirrorless, tapi akan berbentuk seperti DSLR. Tiga lensa yang dipersiapkan antara lain lensa zoom lebar, lensa fix ekuivalen 50mm, dan lensa tele makro sekitar 100-120mm.

Leica

Dalam pameran Photokina kali ini, Leica akan menitikberatkan Leica sebagai penyedia kamera profesional. Sistem kamera yang akan ditekankan antara lain sistem Leica S (Medium format) dan SL (Full frame).



Setidaknya akan ada dua kamera Leica buatan Jerman yang akan diumumkan. Kemungkinan besar adalah kamera Leica TL. Bisa juga Leica M yang baru karena tahun ini Leica memperingati 10 tahun Leica masuk ke kamera digital. Ada kemungkinan diumumkan roadmap untuk lensa L-mount (TL & SL).

Micro four thirds

Sistem Micro four thirds (M43) terdiri dari Olympus dan Panasonic. Di kubu Olympus, ada dua kamera baru yang akan dipamerkan, antara lain Olympus OMD EM1 II yang ditujukan untuk profesional.

Dikabarkan spesifikasi kamera ini meliputi kemampuan merekam video 4K, sistem autofokus yang bersaing dengan kamera DSLR Pro. Kamera kedua yang akan diperkenalkan adalah Olympus E-PL8, merupakan kamera untuk pemula dan penghobi fotografi.



Beberapa lensa Olympus yang akan diumumkan antara lain: Olympus PRO 25mm f/1.2, Olympus PRO 12-100mm f/4 dan Olympus 35mm f/3.5 Macro

Di kubu Panasonic, mungkin akan diumumkan Panasonic GH5, penerus GH4 yang sukses sebagai kamera mirrorless yang handal untuk video. Selain itu akan ada Panasonic G80, kamera mirrorless pemula dengan bentuk seperti kamera DSLR mini. Kamera compact untuk enthusiasts seperti Panasonic LX7 dan LX100 juga sudah waktunya untuk diperbaharui.

Baca juga: Kumpulan Artikel 'Photokina Surga Penikmat Fotografi'.

*) Penulis: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi.com, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer.

Mau konsultasi berbagai hal seputar fotografi? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut. (ash/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed