Pentax Akhirnya Punya DSLR Full Frame

ADVERTISEMENT

Pentax Akhirnya Punya DSLR Full Frame

Penulis: Enche Tjin - detikInet
Sabtu, 20 Feb 2016 16:46 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah bertahun-tahun menanti, Pentaxian (julukan pengguna dan fans kamera Pentax) akhirnya mendapatkan kabar baik karena tgl 18 Februari 2016 ini, Pentax meluncurkan kamera DSLR baru dengan sensor full frame yang dinamai Pentax K1.

Pentax K1 adalah kamera DSLR Pentax terbaik saat ini dan yang pertama dengan sensor full frame. Kamera ini sudah banyak dinantikan oleh pengguna kamera Pentax. Sejarah Pentax di dunia fotografi cukup panjang. Kamera SLR film pertama Pentax diluncurkan tahun 1952.

Saat itu, nama perusahaannya masih bernama Asahi Optical sehingga kamera SLR pertamanya bernama Asahiflex I, yang kebetulan juga merupakan kamera SLR asal Jepang pertama.

Saat transisi ke era fotografi digital, Pentax membuat kamera DSLR dengan sensor APS-C yang ukurannya lebih kecil. Sensor berukuran APS-C tidak maksimal karena lensa-lensa Pentax jaman film dirancang untuk mencakupi sensor full frame 35mm.

Oleh sebab itu, Pentax K1 menjadi kamera yang penting untuk pemilik lensa-lensa Pentax berkualitas di era film. Sebagai latecomer (pendatang baru) di format full frame, Pentax K1 memiliki beberapa inovasi yang tidak dimiliki kamera DSLR lainnya dan dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Beberapa keunggulannya adalah:
  • 5 Axis stabilization sampai dengan 5 stop
  • Built-in GPS dengan kompas, astro tracer
  • Pixel Shift Resolution
  • Simulasi AA filter
  • Weathersealing ekstensif, anti debu, air, kelembaban, anti beku.
  • Layar LCD unik yang fleksibel

Keunikan utama K1 adalah memiliki teknologi built-in stabilization di body kamera. Tidak hanya untuk membantu menstabilkan kamera saat memotret, tapi stabilization ini dimanfaatkan lebih jauh lagi, yaitu untuk pixel shift resolution, membuat hasil foto yang tajam dan sangat detail.

Teknologi stabilizer ini juga memungkinkan astro tracer, fitur yang sangat membantu untuk fotografer astrofotogafi yang ingin hasil foto bintang yang maksimal saat memotret di shutter speed yang sangat lambat (30-60 detik atau lebih). Fotografer produk/fashion juga akan terbantu dengan simulasi AA filter untuk mengurangi munculnya Moire.

Harga Pentax K1 ini dipatok USD 1.800 (Rp 24 juta). Jauh lebih terjangkau daripada kompetitor yang sama dengan sensor full frame 36 MP (sekitar 30-40 juta). Kamera profesional tanpa lensa profesional percuma saja, oleh sebab itu Pentax juga mengumumkan lensa ultra-lebar baru yaitu Pentax FA 15-30mm f/2.8 WR (water resistant) dengan harga USD 1.500 (Rp 20 juta) dan lensa travel multifungsi Pentax FA 28-105mm f/3.5-5.6 WR dengan harga USD 500 (Rp 6.7 jt).

Pentax K1 merupakan angin segar baru pemilik lensa Pentax dan juga dunia fotografi secara umum. Meskipun pangsa pasarnya tidak besar, tapi mampu menghadirkan produk berkualitas dengan berbagai inovasi yang memudahkan fotografer di berbagai bidang. Namun, Pentax K1 paling cocok untuk fotografer outdoor yang sering memotret di kondisi ekstrim. Kamera ini akan dijual mulai bulan April 2016 nanti. Biasanya satu-dua bulan kemudian baru tersedia di Indonesia.

Spesifikasi utama Pentax K1
36.4 MP full frame CMOS sensor tanpa AA filter
Sistem autofokus 33 titik, 25 cross type
5 Axis Shake Reduction/stabilizer
Pixel shift resolution
15 MP APS-C Crop mode
Layar LCD yang fleksibel
GPS/Kompas/Astro Tracer
Weather Resistant
Lampu LED menerangi kamera di kondisi gelap

*) Penulis: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi.com, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer.

Mau konsultasi berbagai hal seputar fotografi? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut. (asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT