10 Aplikasi Olah Foto Pengganti Photoshop

10 Aplikasi Olah Foto Pengganti Photoshop

- detikInet
Jumat, 20 Feb 2015 16:48 WIB
Pixelmator
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri, nama Photoshop begitu tenar untuk urusan mengolah gambar. Meski sudah berumur seperempat dekade, software besutan Adobe Systems ini seolah tak tergantikan.

Padahal masih banyak perangkat lunak di pasaran yang tak kalah kerennya dengan Photoshop. Berikut beberapa yang direkomendasikan seperti dikutip detikINET dari The Guardian, Jumat (20/2/2015).

1. Pixelmator (OS X - Harganya Rp 450.000)

Pixelmator bisa dibilang sebagai software foto editor terbaik bagi pengguna Mac. Aplikasi ini dapat menangani foto dengan ukuran besar sekalipun dengan mudah sama seperti yang dikerjakan dengan menggunakan Photoshop.

Software ini dapat memanipulasi foto dengan mudah layaknya profesional. Tak hanya tersedia untuk desktop, Pixelmator juga tersedia bagi pengguna iPad dengan banderol harga kisaran Rp 158.957.

2. Paint.net (Windows - gratis)

Paint.net dikatakan sebagai pengganti yang sederhana dari Microsoft Paint. Hanya saja, Paint.net memiliki sejumlah fitur baru, seperti multiple layers dan lebih banyak lagi dibekali alat editing foto yang oke.



Tak heran, Paint.net masuk sebagai salah satu foto editor tercepat dan gratis bagi pengguna Windows. Meski gratis, software ini mampu membuat pengguna mengedit foto bak profesional. Cocok untuk mengedit cepat, crop, dan editing foto harian.

3. PaintShop Pro (Windows - Rp 950.000)

Kalau yang satu ini merupakan musuh bebuyutan dari Photoshop. Untuk urusan harga, PaintShop Pro dibanderol dengan harga yang lebih murah ketimbang sang software editing raksasa itu. Meski kekurangannya adalah ia tidak memiliki fitur-fitur canggih ala Photoshop, namun PaintShop Pro bisa dibilang oke dan lebih baik dari beberapa pesaing baru lain.



4. Acorn 4 (OS X - Rp 450.000)

Software yang satu ini merupakan software editing OS X terbaik lainnya. Acorn dirancang sebagai software editor gambar untuk manusia. Acorn dilengkapi dengan alat dan filter canggih khas editing.


Tak hanya itu, Acorn juga memiliki tatap muka yang ringkas, dimana sang developer memang sengaja merancang seperti itu agar familiar dan mudah bagi pengguna Photoshop yang ingin berpaling. Tertarikkah Anda?

5. Apple Photos (OS X - gratis)

Software editing foto atau gambar tak melulu bayar. Ada saja developer yang sengaja menggratiskan software buatannya, seperti software yang satu ini. Apple Photos sebenarnya merupakan pengganti dari iPhoto dan Aperture.

Software ini baru akan tersedia pada musim semi tahun 2015 ini. Meski demikian, dalam preview-nya, software ini menunjukkan kinerja yang tak kalah hebat dengan software berbayar lain seperti proses kerja yang cepat dan tersedia cukup banyak perlengkapan guna membuat manajemen foto.



6. GIMP (Windows, OS X, dan Linux - gratis)

GNU Image Manipulation Program. Ya, itulah kepanjangan dari GIMP, sebuah software open source foto editor yang tersedia bagi pengguna Windows, OS X, dan Linux.



Meski punya cukup banyak alat editing yang canggih, namun tampilan GIMP ini bisa dibilang tidak user friendly. Perlu beberapa waktu sebelum pada akhirnya menguasai software ini.

7. Sumo Paint (web - gratis)

Malas untuk menginstal software editing gambar? Coba software yang satu ini. Adalah Sumo Paint, sebuah software editing yang dapat digunakan hanya dengan membuka situs Sumo Paint melalui aplikasi peramban.

Walau gratis, pihak developer menyediakan versi pro dari Sumo Paint yang dapat dibeli hanya dengan merogoh kocek Rp 250.000. Versi pro ini tentu menawarkan beberapa fitur editing yang canggih.



8. PicMonkey (web - gratis)

Selain Sumo Paint, adapula PicMonkey. Ya, sama halnya dengan Sumo paint, PicMonkey merupakan software editing gambar yang dapat diakses melalui peramban. Tak perlu download dan tak perlu install.

Dengan PicMonkey, pengguna dapat melakukan beberapa editing gambar, semisal menambahkan naskah pada gambar atau memberikan bingkai. Gambar dapat diambil dari komputer atau berbagai macam layanan cloud, semisal Dropbox dan Flickr.



PicMonkey juga menyediakan versi berbayar dimana pengguna bisa menghilangkan iklan dan mendapat akses untuk lebih banyak lagi huruf dan efek.

9. Aviary (Android dan iOS - gratis)

Tak hanya pengguna PC desktop yang dapat melakukan editing foto, pengguna Android dan iOS pun bisa. Ya, bagi pengguna kedua sistem operasi itu mungkun bisa mengunduh aplikasi yang satu ini.

Aviary merupakan aplikasi editor foto yang solid yang dilengkapi dengan image touch-up dan resizing tool.



Dilengkapi dengan user interface yang ringkas, aplikasi yang sekarang milik Adobe ini dikatakan mudah digunakan dan menawarkan hampir semua fitur yang ada pada aplikasi mobile editing gambar kebanyakan, lengkap dengan filter ala Instagram.

10. Photoshop Touch (Android dan iOS - Rp 80.000)

Berbicara aplikasi editing gambar di perangkat mobile, Adobe rupanya tak ingin ketinggalan dengan merilis Photoshop Touch. Sayangnya, aplikasi yang dapat diunduh secara berbayar di perangkat Android dan iOS ini hanya punya sedikit foto filter dan beberapa touch-up tool.

Pun begitu, nilai jual aplikasi ini terletak pada fungsi integrasi dengan Adobe Creative Cloud, dimana ini sagat berguna bagi pengguna Photoshop versi desktop.



(ash/ash)