Serunya Momen Gerhana Matahari Cincin di TMII

FotoINET

Serunya Momen Gerhana Matahari Cincin di TMII

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 26 Des 2019 18:02 WIB

Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jadi salah satu tempat melihat Gerhana Matahari Cincin. Meski hanya jadi Gerhana Matahari Sebagian, momennya tetap seru

Pusat Peragaan Iptek TMII, menjadi salah satu tempat menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin pada Kamis 26 Desember 2019 (detikINET/Aisyah Kamaliah)

Pengunjung diberikan kacamata khusus. Jakarta hanya mendapatkan Gerhana Matahari Sebagian, hanya sekitar 72%. (detikINET/Aisyah Kamaliah)

Dari pertama bersinggungan sampai selesai itu dari 10.42 - 14.23 WIB. Puncak gerhana matahari di Jakarta adalah pukul 12.36 WIB (detikINET/Aisyah Kamaliah)

Ada layanan live streaming dari LAPAN yakni situs gerhanaindonesia.id dari pemantauan di daerah Siak. Ini mudah diakses melalui smartphone (detikINET/Aisyah Kamaliah)

PP Iptek dan LAPAN juga memberikan proses edukasi dan pembelajaran sains terkait Gerhana Matahari Cincin (detikINET/Aisyah Kamaliah)

Kita tidak boleh lihat matahari secara langsung, jadi harus pakai filter. PP Iptek menyediakan kacamata khusus untuk melihat gerhana (detikINET/Aisyah Kamaliah)

Pengunjung tampak bersuka ria dan menikmati momen Gerhana Matahari Cincin. Misalnya saja ayah dan anak ini, kapan lagi bisa lihat gerhana kan? (detikINET/Aisyah Kamaliah)

Jakarta sempat berawan menjelang Gerhana Matahari Cincin. Tapi akhirnya orang-orang bisa melihat jelas dan puas hatinya (detikINET/Aisyah Kamaliah)

PP Iptek sendiri menyediakan 3 teleskop yang bisa diamati oleh pengunjung. Sementara lagi, ada satu teleskop khusus untuk pengamatan PP Iptek sendiriĀ  (detikINET/Aisyah Kamaliah)

Banyak pengunjung yang datang dari daerah Jabodetabek ke PP Iptek TMII. Mereka senang bisa melihat momen Gerhana Matahari Cincin di penghujung tahun 2019 (Aisyah Kamaliah/detikcom)

Di PP Iptek juga disediakan layar untuk melihat proses gerhana. Ini sangat memudahkan para pengunjung (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Streaming tampilan Gerhana Matahari Cincin di Siak, Riau, terlihat sangat jelas. Puncak fenomena ini berlangsung kurang lebih 3 menit. (Aisyah Kamaliah/detikcom)
(/)