Hore! Akhirnya Pelosok NTT Berlimpah Sinyal - Foto 2

FotoINET

Hore! Akhirnya Pelosok NTT Berlimpah Sinyal

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 29 Okt 2019 10:48 WIB

Ende - Desa Aewora di Ende, NTT dulunya adalah kampung susah sinyal. Namun itu tinggal sejarah. Warga kini bahagia dengan sinyal berlimpah.

Desa Aewora berada di Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, NTT. Desa nelayan terpencil ini lokasinya 75 km dari Maumere dengan jalanan sempit berliku yang separuh rusak (Fino Yurio Kristo/detikcom)

Akan tetapi, pemandangan gunung atau laut di kanan kiri sangat indah. (Fino Yurio Kristo/detikcom)

Mimpi warga Aewora memperoleh sinyal telekomunikasi dan internet kesampaian berkat didirikannya BTS oleh XL. "XL support bangun USO sejak 2017, berpartisipasi di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan," ujar Direktur Teknologi XL, Yessie D Yosetya di Desa Aewora. (XL)

Sudah ada 64 site BTS USO yang dibangun XL bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). XL juga memberi pelatihan pada masyarakat setempat agar memanfaatkan internet secara maksimal. (XL)

Pengguntingan pita peresmian BTS di Aewora. BTS di Desa Aewora melayani sekitar 450 kepala keluarga, jenisnya adalah BTS mikro dengan jangkauan sekitar 2 km, nantinya bisa diupgrade. (Fino Yurio Kristo/detikcom)

"Di sini adalah seperti teaser apa yang ada di kota. Jadi, apa yang ada di kota diharapkan bisa hadir di sini," tutur Dhia Anugrah Febriansa, Direktur Layanan Informasi dan Komunikasi BAKTI. (Fino Yurio Kristo/detikcom)

Harapannya di masa mendatang bisa memakai BTS makro dengan jangkauan dan kapasitas lebih besar (Fino Yurio Kristo/detikcom)

Pengibaran Bendera Merah Putih di menara BTS Aewora. (Fino Yurio Kristo/detikcom)

Penduduk desa akhirnya merdeka sinyal dan tak perlu pergi jauh untuk menikmati layanan internet. (Fino Yurio Kristo/detikcom)

Sebelumnya warga Aewora sudah cukup banyak yang punya smartphone, kira-kira satu rumah satu ponsel. Saat susah sinyal, mereka harus mencari koneksi ke bebatuan atau pepohonan. (Fino Yurio Kristo/detikcom)

Kini jaringan XL dapat mereka andalkan. (Fino Yurio Kristo/detikcom)

Tampak penduduk mengakses internet di lereng dekat BTS di Aewora. (XL)

Keceriaan tergambar jelas di wajah mereka. Warga desa kini bisa berkomunikasi dengan famili di kota lain atau yang merantau sampai ke Jakarta. (XL)

Sesepuh desa, Anton David Dalla bilang, dulu belum merdeka seutuhnya karena listrik sudah ada, tapi sinyal belum ada (XL)

Desa yang berada di pelosok, berbukit dan dekat laut, akhirnya menikmati sinyal seutuhnya. (Fino Yurio Kristo/detikcom)

(/)