Ramai-ramai 'Nonton' Bareng Gerhana Matahari

FotoINET

Ramai-ramai 'Nonton' Bareng Gerhana Matahari

istimewa - detikInet
Rabu, 03 Jul 2019 18:32 WIB

Jakarta - Gerhana Matahari Total telah berlangsung. Fenomena alam ini pun tak dilewatkan mereka yang wilayahnya berkesempatan menyaksikan. Begini keseruannya.

Fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) terjadi sejak kemarin, 2 Juli hingga hari ini, 3 Juli 2019 di Chile dan Argentina. (Foto: Reuters)

Seperti dilansir media Inggris, BBC dan media India, FirstPost, Selasa (2/7/2019), GMT akan disaksikan secara langsung oleh orang-orang yang berada di Samudra Pasifik, Chile dan Argentina pada Selasa (27/2019) kemarin. (Foto: Reuters)

Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menyatakan bahwa GMT akan bisa disaksikan di La Serena, Chile, yang dimulai pada Selasa (2/7) sore, sekitar pukul 16.38 waktu setempat (20.38 Greenwich Mean Time).  (Foto: Reuters)

GMT tahun ini merupakan yang pertama dan satu-satunya yang akan terjadi sepanjang tahun 2019.  (Foto: Reuters)

Bentangan jalur totalitas GMT tahun ini mencapai sekitar 6.800 mil atau setara 10.943 kilometer. Sebagian besar jalur totalitas itu diketahui ada di lautan lepas (Foto: Reuters)

Seperti dikutip dari Space.com, instruktur dan dosen tamu Hayden Planetarium New York, Joe Rao, menjelaskan, saat terjadi gerhana total, matahari akan berada di rasi bintang Gemini. Ketika itu, cahaya matahari akan hilang.  (Foto: Reuters)

Bagi warga Chile dan Argentina yang berkesempatan untuk meyaksikan fenomena alam langka ini pun tak mau meleawatknya. (Foto: Reuters)

Mulai dari menyiapkan kacamata khusus agar mata tidak rusak saat melihat gerhana. (Foto: Reuters)

Menyaksikan dari dalam mobil. (Foto: Reuters)

Dijelaskan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin Thomas Djamaluddin pada 26 Desember 2019, Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin. (Foto: Reuters)

Daerah yang akan dilewati antaralainSinabang, Sibolga, Padang Sidempuan, Duri, Siak, Pedang, Batam, Tanjung Pinang, Singkawang, Kalimantan Timur bagian utara, dan Kalimantan Utara bagian selatan. (Foto: Reuters)

(/)