Akhirnya, Warga Kuba Bisa Akses Internet dari Ponsel Mereka

FotoINET

Akhirnya, Warga Kuba Bisa Akses Internet dari Ponsel Mereka

Agence France Presse - AFP - detikInet
Kamis, 06 Des 2018 11:20 WIB

Jakarta - Akhirnya masyarakat Kuba berkesempatan mengakses internet dari ponsel mereka. Layanan ini diberikan oleh perusahaan telekomunikasi yang dikelola negara ETECSA.

Seorang wanita menggunakan ponselnya untuk terhubung ke internet melalui WiFi di Havana, pada 5 Desember 2018. YAMIL LAGE /AFP.
Perusahaan telekomunikasi yang dikelola negara ETECSA menyatakan, mereka bakal meluncurkan layanan 3G mulai Kamis (6/12/2018). Kuba merupakan salah satu negara terakhir di dunia yang masih belum menerapkan internet mobil. Padahal, sekitar setengah dari total penduduk Kuba yang mencapai 11,2 juta jiwa memiliki ponsel. YAMIL LAGE / AFP.
Pemerintah sebenarnya sudah membuka fasilitas kafe internet pada 2013 dan fasilitas WiFi di ruang publik dua tahun berselang. Namun, bagi warga yang menggunakan WiFi seringkali tidak mendapat sinyal bagus, dan pada 2017 dilaporkan mereka lebih suka menikmati internet dari rumah.  YAMIL LAGE / AFP.
Meski pemerintah sudah mengatakan bakal membuka layanan 3G, harga paket internet yang ditawarkan membuat masyarakat Kuba melontarkan keluhan. Sebabnya, harga yang ditawarkan untuk paket data 600 MB adalah 7 dollar AS, sekitar Rp 100.800, sementara paket 4 GB dibanderol 30 dollar AS, atau Rp 431.900. YAMIL LAGE /AFP.
 Harga yang ditawarkan jelas menjadi beban bagi rakyat Kuba yang rata-rata penghasilannya per bulan hanya 30 dollar AS. YAMIL LAGE /AFP.
(/)