Potret Karyawan di Jepang Jadi 'Gelandangan' Setelah Bekerja

FotoINET

Potret Karyawan di Jepang Jadi 'Gelandangan' Setelah Bekerja

istimewa - detikInet
Rabu, 30 Agu 2017 13:08 WIB

Jakarta - Seorang fotografer asal Ceko melakukan traveling ke Jepang lalu mengabadikan potret bagaimana kerasnya para pekerja bertahan hidup.


David Tesinky, pria asal Ceko, melakukan perjalanan ke Jepang setelah mendengar pekerja di sana mirip dengan robot. (Foto: David Tesinsky)

Di Jepang terkenal istilah 'Salary Man' atau penggila kerja.  (Foto: David Tesinsky)

Meski bekerja di perusahaan besar dan penampilan berjas, sebenarnya banyak diantara mereka menerima gaji yang tergolong rendah. (Foto: David Tesinsky)

Saking rendah upahnya, ada di antara bahkan bisa tidur di jalanan karena tidak iklas membayar angkutan umum seperti taksi. (Foto: David Tesinsky)

Setiap harinya mereka bisa bekerja selama 14 jam bahkan lebih sehingga juga jarang berada di rumah. (Foto: David Tesinsky)

Untuk menghilangkan penat bekerja, biasanya para pekerja ini akan menghibur diri dengan minum bersama rekan kerjanya sampai subuh.  (Foto: David Tesinsky)

Selain minum, cara jitu lainnya untuk hiburan adalah bermain game. (Foto: David Tesinsky)

Saking lelahnya, pria ini bisa tidur sambil berdiri di dalam kondisi kereta yang penuh. (Foto: David Tesinsky)

Hal yang sulit di Jepang untuk mendapatkan jabatan yang bagus, karena kebanyakan tempat kerja mereka adalah perusahaan keluarga. (Foto: David Tesinsky)

Sulitnya hidup di Jepang dengan biaya tinggi, membuat mereka yang masih muda enggan untuk menikah dan memiliki anak. (Foto: David Tesinsky)

Terungkap data pada tahun 2014 bahwa populasi penduduk di Jepang menyusut di mana usia lanjut usia mendominasi. (Foto: David Tesinsky)

Bahkan dalam dua tahun terakhir, kabarnya penduduk Jepang menurun setengah juta orang. (Foto: David Tesinsky)

Foto: David Tesinsky

Foto: David Tesinsky

Foto: David Tesinsky

(/)