Detik-detik Roket SpaceX Elon Musk Meledak Usai Mendarat

Video 20Detik

Detik-detik Roket SpaceX Elon Musk Meledak Usai Mendarat

detikTV - detikInet
Kamis, 04 Mar 2021 10:06 WIB
Jakarta -

Roket Starship dari proyek ambisius SpaceX milik Elon Musk kembali meledak. Ledakan dialami roket SN-10 pada Rabu sore (3/3/2021) waktu setempat. SN-10 meledak saat mendarat di landasan Boca Chita, Texas, usai melakukan uji terbang. Ledakan terjadi cukup dahsyat, lalu diikuti kobaran api yang membumbung tinggi ke udara.

Uji terbang dan pendaratan roket SN10 itu ditunggu sebagian publik, khususnya di media sosial. Alhasil, ledakan itu tertangkap kamera livestream.

Dalam uji coba kali ini, SN-10 yang disiapkan untuk misi ke Mars telah berhasil mencapai ketinggian 6 mil atau sekitar 10 km. Setelahnya, tiga mesin Raptor dimatikan satu persatu untuk menurunkan posisi.

Selang beberapa menit, tiga mesin tadi kembali dinyalakan untuk mengubah posisi roket menjadi vertikal. SN10 kemudian turun secara perlahan dalam posisi agak miring. Teknisi SpaceX John Insprucker yang memandu siaran langsung peluncuran ini sempat menyatakan misi kali ini berjalan sukses.

"Tiga kali baru beruntung, seperti kata pepatah. Kami berhasil melakukan soft touchdown di landasan pendaratan," ucap Insprucker sebagaimana dikutip dari The Verge, Kamis (4/3/2021).

Namun, beberapa menit setelah mendarat, SN10 justru meledak di dekat landasan peluncuran. Belum diketahui penyebab ledakan tersebut. Sementara, siaran langsung dari SpaceX terputus sesaat sebelum ledakan.

(/)