Robot Bantu Orang yang Tersesat di Keramaian

Robot Bantu Orang yang Tersesat di Keramaian

- detikInet
Rabu, 30 Jan 2008 10:03 WIB
Osaka, Jepang - Seringkali ketika sedang asyik berjalan-jalan di pusat keramaian, seseorang tersesat dan tidak tahu jalan menuju pintu keluar. Sebuah robot bernama Robovie diciptakan oleh Advanced Telecommunications Research Institute (ATR), untuk membantu orang yang sedang tersesat di mall atau supermarket.

Tampang robot ini boleh dibilang agak menyeramkan tapi juga imut pada saat yang bersamaan. Robot berwarna putih ini menggunakan roda untuk bergerak dan memiliki tinggi kurang lebih sama dengan tinggi anak remaja.

Pada uji coba yang dilakukan di Universal Citiwalk, Osaka, robot ini bisa mengamati 20 orang dalam waktu yang bersamaan. Hal itu dimungkinkan oleh adanya 16 kamera, 6 laser pengukur jarak, 9 pembaca labelĀ  RFID (Radio Frequency Identification) yang dipasang di area pengawasan Robovie. Perangkat-perangkat tersebut berfungsi sebagai mata dan telinga tambahan.

Dalam uji coba itu, Robovie membaca reaksi 20 orang di bawah pengawasannya. Kemudian, ia mengelompokkan orang-orang ini ke dalam sepuluh kategori berbeda, seperti sedang menunggu, berlari, berjalan cepat, berkeliaran dan sebagainya.

Dari kategori itu, si robot ini akan mampu mengidentifikasi orang mana yang sedang tersesat. Robovie akan menghampiri orang tersebut untuk menanyakan apakah sedang tersesat, jika orang tersebut menjawab 'iya', Robovie akan menunjukkan arah.

Namun, jika ternyata orang yang dihampirinya tidak sedang tersesat, robot tersebut akan merekomendasikan beberapa toko atau restoran terdekat. Demikian seperti dikutip detikINET dari Yomiuri Shimbun, Rabu (30/1/2008). (wsh/wsh)