Sandal Buluk Steve Jobs Dilelang, Diprediksi Laku Rp 1,2 Miliar

Sandal Buluk Steve Jobs Dilelang, Diprediksi Laku Rp 1,2 Miliar

ADVERTISEMENT

Sandal Buluk Steve Jobs Dilelang, Diprediksi Laku Rp 1,2 Miliar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 14 Nov 2022 08:47 WIB
SAN FRANCISCO - JANUARY 11:  Apple CEO Steve Jobs delivers a keynote address at the 2005 Macworld Expo January 11, 2005 in San Francisco, California.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Sandal milik Steve Jobs dari tahun 1970-an dilelang, diprediksi terjual Rp 1,2 miliar Foto: Getty Images/Justin Sullivan
Jakarta -

Barang peninggalan mendiang Steve Jobs yang dilelang biasanya berupa Macintosh, buku catatan, surat, atau kartu nama. Tapi kali ini ada barang cukup unik yang dilelang yaitu sandal favorit Jobs dari tahun 1970-an.

Sandal yang pernah dimiliki dan dipakai oleh co-founder dan mantan CEO Apple itu dilelang oleh rumah lelang Julien's Auctions. Sandal itu diprediksi terjual dengan harga USD 60.000 sampai USD 80.000 atau sekitar Rp 928 juta sampai Rp 1,2 miliar.

Sandal Birkenstock berwarna coklat itu dipakai Jobs pada tahun 1970-an dan 1980-an. Menariknya sandal itu sempat akan disumbangkan, tapi kemudian diselamatkan oleh Mark Sheff, seorang koki yang mengurus salah satu properti Jobs di Albany, California pada tahun 1980-an.

"Sandal itu cukup sering dipakai, tapi masih terlihat utuh," tulis Juliens' Auctions dalam deskripsi sandal milik Jobs, seperti dikutip dari Gizmodo, Senin (14/11/2022).

"Alas kaki gabus dan goni masih mempertahankan jejak kaki Steve Jobs, yang terbentuk setelah bertahun-tahun digunakan," sambungnya.

Sandal peninggalan Steve Jobs dilelangSandal peninggalan Steve Jobs dilelang Foto: Julien's Auctions

Julien's Auctions mengatakan sandal tersebut pernah beberapa kali dipamerkan di beberapa negara, termasuk di toko pertama Birkenstock di Amerika Serikat dan di History Museum Wurttemberg di Stuttgart, Jerman.

Mantan istri Jobs, Chrisann Brennan juga pernah membahas sandal ini dalam wawancara dengan majalah Vogue. Brennan mengatakan sandal Birkenstock tersebut sudah seperti seragam bagi Jobs.

"Ia tidak akan pernah melakukan atau membeli sesuatu hanya untuk terlihat menonjol dari orang lain. Ia yakin kecerdasan dan kepraktisan dari desain dan kenyamanan saat memakainya," kata Brennan dalam wawancara dengan Vogue bertajuk 'Apple Meets Birkenstock'.

"Saat mengenakan Birkenstock, ia tidak merasa seperti seorang pengusaha, jadi ia memiliki kebebasan untuk berpikir kreatif," sambungnya.

Lelang ini dibuka pada Jumat lalu dengan harga awal USD 15.000. Sandal milik Jobs ini terakhir kali dilelang pada tahun 2016 dan terjual dengan harga USD 3.400.

Pemenang lelang akan mendapatkan sandal Birkenstock milik Jobs yang disimpan dalam pelindung hard case serta NFT gratis berupa gambar digital 360 derajat yang memperlihatkan sandal tersebut.



Simak Video "Melihat Barang-barang Langka Milik Steve Jobs yang Dilelang di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT