Apa Jenis Hosting yang Cocok untuk Website Anda? Ini Jawabannya

ADVERTISEMENT

Apa Jenis Hosting yang Cocok untuk Website Anda? Ini Jawabannya

Sponsored - detikInet
Jumat, 15 Jul 2022 12:35 WIB
Ilustrasi Web Hosting
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Anda sedang berniat membuat website? Kalau iya, itu berarti Anda harus memahami perbedaan setiap jenis hosting. Dengan begitu, Anda bisa memilih hosting yang tepat.

Memangnya sebesar apa pengaruh hosting bagi website? Ibarat tanah, kualitas hosting menentukan website yang dibangun di atasnya, baik dari segi keandalan, keamanan, hingga fleksibilitas pengelolaan. Jadi biar Anda tidak salah pilih jenis hosting, yuk cari tahu dulu masing-masing perbedaannya!

Jenis-Jenis Web Hosting

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting di mana Anda berbagi server dengan pengguna lainnya. Tak heran, jenis hosting ini cocok bagi website dengan traffic rendah hingga sedang. Seperti blog sampai website bisnis dengan pengunjung maksimal 180 ribu/bulan.

2. Simple WordPress

Mungkin, ini pertama kalinya mendengar hosting Simple WordPress. Faktanya, Simple WordPress memang web hosting Niagahoster yang eksklusif karena ini satu-satunya di Indonesia.

Yang membuat istimewa, Simple WordPress mengedepankan kemudahan mengelola website WordPress. Jadi, Anda akan mendapatkan dasbor khusus untuk manajemen WordPress yang lebih praktis. Mulai dari menginstal plugin, melihat analytics, backup otomatis, dan sebagainya.

Maka dari itu, Simple WordPress cocok bagi Anda yang masih awam dengan website. Ataupun bagi yang ingin lebih fokus mengembangkan konten, alih-alih mengurus sisi teknis web.

3. WordPress Hosting

Terdengar mirip, WordPress hosting cukup berbeda dengan Simple WordPress. Secara garis besar, WordPress hosting lebih cocok bagi Anda yang mau memakai situs berbasis WordPress, tapi tetap ingin akses mengubah konfigurasi hosting.

Bedanya dengan shared hosting, di WordPress hosting Anda tidak perlu melakukan pengaturan server. Jadi, fokus Anda cukup mengembangkan website saja.

4. Cloud Hosting

Selanjutnya, ada cloud hosting. Cloud hosting adalah layanan hosting di mana data website Anda tersimpan di beberapa server. Sehingga kalau terjadi masalah di satu server, ada server cadangan yang menggantikannya.

Tak heran, cloud hosting biasa digunakan untuk website dengan traffic tinggi, seperti web e-commerce, toko online, web rumah sakit, dan lainnya.

5. VPS Hosting

Tak kalah dari cloud hosting, VPS hosting juga menawarkan sumber daya yang cukup besar. Meski begitu, VPS memberikan akses ke pengaturan server, sehingga performa hosting bisa Anda atur sendiri.

Meski begitu, untuk mengelola VPS hosting Anda membutuhkan pengetahuan teknis yang cukup mumpuni. Sebab boleh dibilang, Anda secara mandiri menjalankan hosting sendiri.

6. Email Hosting

Dari namanya saja, pasti Anda sudah tahu email hosting adalah layanan khusus untuk email. Jadi, Anda hanya bisa menggunakannya untuk mengirim serta menerima email.

Istimewanya, email hosting memiliki fitur yang lebih lengkap dari jenis hosting lainnya. Mulai dari jaminan email terkirim, proteksi spam, hingga kemampuan mengirim ribuan email per hari.

Sudah Tahu Hosting yang Cocok untuk Website Anda?

Ternyata, jenis-jenis web hosting ada banyak, bukan? Mulai dari shared hosting, Simple WordPress, hingga email hosting.

Agar Anda tidak salah pilih hosting, pastikan spesifikasi hosting sudah menjawab apa yang website Anda butuhkan, entah itu blog maupun website bisnis. Dengan menggunakan hosting yang cocok, performa website pun lebih lancar dan sesuai tujuan.

Kebalikannya, kalau Anda salah pilih hosting, di tengah jalan bisa saja website kebanjiran masalah. Kalau traffic website ketinggian misalnya, kemungkinan besar situs akan down dan Anda kehilangan traffic. Pasti, Anda tidak mau hal tersebut terjadi kan?

Oleh sebab itu, yuk pilih hosting yang cocok untuk website Anda!

(Content Promotion/Simple WordPress)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT