7 Cara Jualan Untung Saat Festival Belanja di e-Commerce

7 Cara Jualan Untung Saat Festival Belanja di e-Commerce

ADVERTISEMENT

7 Cara Jualan Untung Saat Festival Belanja di e-Commerce

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 05 Jul 2022 16:00 WIB
7 Cara Meningkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce
7 Cara Meningkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce (Foto: Lazada Indonesia)
Jakarta -

Festival belanja di e-commerce, menjadi salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Kendati begitu, bagaimana cara memanfaatkannya? Yuk simak penjelasannya berikut.

Bagi orang-orang yang sering melakukan aktivitas belanja secara online, pasti sangat menantikan kehadiran festival belanja di e-commerce. Biasanya, dilaksanakan pada saat tanggal kembar, seperti acara di Lazada yang sebentar lagi dimulai.

Bertajuk festival belanja 7.7, ternyata para penjual bisa meraup cuan, dari event menarik ini. Hanya saja, tidak semua penjual mengerti cara memberdayakannya dengan benar.

Nah, dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (5/7/2022) berikut tujuh kiat penting agar penjualan meningkat. Terlebih khusus, bagi penjual yang memiliki toko online di Lazada.

7 Cara Meningkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce:

1.Tampilkan Produk Secara Menarik

Kiat paling dasar, yakni pastikan bahwa produk nampak menonjol, dengan menampilkannya secara jelas dan rinci. Hal ini berlaku baik dalam bentuk foto, maupun deskripsi produk.

Lalu gunakan latar foto yang tidak terlalu ramai dan jaraknya tidak terlalu jauh, supaya gambarnya lebih jelas. Perhatikan pula, untuk menceritakan fungsi, keunggulan serta kualitas produk.

2. Bangun Value Produk

Membangun value produk, sangat penting dilakukan. Tujuannya, agar menjelaskan bahwa harga yang tertera memberikan banyak nilai bagi pembeli.

Bentuk dari value ini sendiri beragam, mulai dari gambar produk yang lebih serius, atau deskripsi yang memberikan informasi terkait fungsi dari barang tersebut. Selain itu, memberikan layanan optimal, serta menjawab chat dengan cepat maupun jaminan pengembalian yang mudah.

3. Pahami Algoritma e-Commerce

Untuk menyesuaikan antara produk pencarian dengan calon pembeli, e-commerce menggunakan sebuah algoritma. Nah, bila ingin mendorong trafik toko, pastikan judul produk mewakili barangnya dengan baik dan mengandung kata kunci yang sering dipakai orang-orang.

Jangan lupa, lengkapi juga detail produk, termasuk warna, ukuran, bahan, dan lain sebagainya. Lalu pastikan bahwa barang tersebut, terdaftar di kategori yang benar.

Selanjutnya Cara Memanfaatkan Media Sosial >>>

4. Memanfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial, bisa menjadi salah satu cara menarik pengunjung ke toko. Penjual juga dapat menyampaikan berbagai macam promo yang ditawarkan di e-commerce, melalui media sosial.

Jangan lupa untuk menautkan link, yang mengarahkannya ke toko online Anda. Cobalah mengarahkan transaksi langsung dari platform e-commerce, agar tercipta penjualan.

5. Bangun Penilaian dan Ulasan Baik

Ingat, penilaian dan ulasan baik akan meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan calon pembeli. Oleh sebab itu, pemilik toko harus berupaya mendapatkan kedua hal tersebut, dengan cara memberikan layanan terbaik.

Selain menyapa dan mengingatkan pembeli memberikan ulasan di setiap transaksi, ada lagi cara lain yang bisa dilakukan. Penjual bisa memberikan voucher diskon, untuk mendorong mereka memberikan penilaian.

6. Memanfaatkan Fitur dan Program dari e-Commerce

Penjual sendiri bisa memanfaatkan fitur seperti voucher dan gratis ongkos kirim, yang disuguhkan oleh e-Commerce. Salah satunya live streaming dari Lazada, yakni LazLive, dimana berguna mempromosikan produk lebih interaktif.

Bagi penjual di Lazada, jangan lupa juga melakukan analisis secara lengkap dari performa toko, melalui dasbor interaktif Bisnis Analisis di Seller Center Lazada.

7. Miliki Mental Untuk Terus Belajar dan Berusaha

Seperti yang diketahui, berjualan secara online bukan hal mudah, dan kegagalan menjadi sesuatu yang lumrah terjadi. Untuk menanggulanginya, Lazada memiliki program pelatihan Lazada University, dengan ribuan materi dapat diakses oleh penjual melalui Seller Center,

Selain itu, bisa memanfaatkan komunitas penjual Lazada di kota masing-masing. Penjual bisa saling berbagi insight langsung, dari mereka yang sudah lebih dulu sukses.

(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT