Jangan Lewatkan TEDxYouth@MISJ, Saatnya Anak Muda Bicara

Jangan Lewatkan TEDxYouth@MISJ, Saatnya Anak Muda Bicara

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 17 Jun 2022 22:11 WIB
Acara Dialog TEDxYouth@MISJ
Foto: TEDxYouth@MISJ
Jakarta -

Generasi muda jangan cuma diam saja. Ayo keluarkan ide dan ngobrol seru di TEDxYouth@MISJ.

TED (Technology, Entertainment, Design) adalah organisasi media nirlaba dari Amerika yang telah mengadakan konferensi sejak tahun 1984. Motto mereka adalah 'Ideas Worth Spreading'.

TED bermitra dengan individu atau komunitas untuk membuat acara berbagi ide secara global, bukan cuma technology, entertainment, design (TED) tetapi lebih luas lagi. TED Talk adalah presentasi singkat 18 menit dan ada lebih dari 3.900 video TED Talk di Youtube, dengan pembicara dari politisi, ilmuwan, seniman, desainer, aktor, pebisnis hingga komedian.

TEDx adalah acara TED Talks dari komunitas-komunitas yang mendapat lisensi gratis dari TED. Acara TEDx memiliki misi menyebarkan ide-ide hebat yang memicu percakapan, koneksi, dan komunitas. Pembicaraan di TEDx tidak boleh berisi ujaran kebencian, diskriminasi agama dan ras, mencari keuntungan komersial, atau menjadi agenda politik praktis.

Sedangkan TEDxYouth event adalah TEDx untuk anak-anak muda, dengan dibantu mentor dewasa dan membawa ide-ide untuk semua umur. Dalam keterangan resmi kepada detikINET, Sabtu (17/6/2022) TEDxYouth@MISJ merupakan versi TEDx yang diorganisasi oleh murid-murid SMA Mentari Intercultural School Jakarta (MISJ) dengan detikcom sebagai media partner.

Dengan mempertimbangkan bahwa pandemi COVID-19 masih ada dan angka penyebarannya mulai naik, acara TEDxYouth@MISJ akan berlangsung secara online melalui Zoom dan selanjutnya akan diunggah ke channel Youtube.

Ingat-ingat waktunya:

TEDxYouth@MISJ, Sabtu 18 Juni 2022 pukul 13.00-16.00 WIB

Acara Dialog TEDxYouth@MISJAcara Dialog TEDxYouth@MISJ Foto: TEDxYouth@MISJ

TEDxYouth@MISJ dengan tema 'On the Margins' akan membahas berbagai topik yang mungkin tidak populer di masyarakat. Padahal, hal tersebut akan membuka perspektif kita agar dapat memahami konsep yang berbeda melalui mata orang lain.

Siapa saja yang akan tampil? Ada Ismail Fahmi, PhD, seorang big data scientist dan pendiri (founder) Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia. Ia akan memvisualisasikan bagaimana kita telah tertipu oleh disinformasi di sosial media.

Pembicara lain adalah Ahmad Rusdan Handoyo Utomo, PhD, seorang ahli biologi molekuler yang pernah menjalani post-doctoral fellowship di Harvard Medical School, Universitas Harvard, Amerika Serikat. Dia akan membahas tentang penyuntingan gen dengan teknologi CRISPR.

Pembicara tamu berikutnya adalah Carys Mihardja, pendiri @carys.cares yang akan meningkatkan kesadaran kita tentang para penderita down syndrome. Carys baru saja lulus dari SMA Pelita Harapan (SPH) dan berhasil diterima kuliah program sarjana di Yale University dan Stanford University.

Berikutnya, adalah Tara Adhipurna, murid MISJ, yang akan berbicara tentang stigma seputar memilih seni sebagai jurusan. Gabriel Orion Kai Antar, mantan murid MISJ, akan berbicara tentang mencapai nilai sempurna 45/45 di IB Diploma Programme, nilai tertinggi dalam Kurikulum International Baccalaruate yang sangat sulit dicapai.

Jasmine Kumala, juga murid MISJ, akan mendiskusi mengenai tekanan untuk memilih jurusan untuk universitas. Aryan Jibran Koesmahargyo, murid MISJ, akan berbicara tentang bagaimana saudara perempuannya mempengaruhi cara berpikirnya.

Terakhir, tetapi tidak kalah menarik adalah Farrell Wihandoyo, murid MISJ, yang akan berbicara soal menyeimbangkan olahraga dan akademisi sebagai 'student-athlete' triathlon. Untuk mengikuti acara TEDxYouth@MISJ, silakan mendaftar secara gratis di tautan berikut ini: https://goers.co/tedxyouthmisj.
Info lebih lengkap ada di Instagram akun @tedxyouthmisj.



Simak Video "Drone Emprit Ragukan Big Data Luhut soal Penundaan Pemilu, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)