Peluang Kerja! Indonesia Butuh 9 Juta Orang yang Paham Industri 4.0

Peluang Kerja! Indonesia Butuh 9 Juta Orang yang Paham Industri 4.0

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 17 Mar 2022 19:47 WIB
Multicultural Business Meeting
Indonesia Butuh 9 Juta Orang yang Paham Industri 4.0. Foto: Getty Images/iStockphoto/Rifka Hayati
Jakarta -

Sudah jadi keharusan untuk memahami teknologi di era yang serba digital ini. Tak main-main, pemerintah menegaskan dalam 15 tahun ke depan, Indonesia setidaknya membutuhkan 9 juta orang yang melek teknologi dan industri 4.0.

Dedy Permadi Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan SDM sekaligus Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan dalam 'Tokopedia Nextgen - Mengenal Industri Teknologi: Serba-serbi Dunia Manajemen Produk dan Desain Produk', Kamis (17/3/2022). Menurutnya, pandemi COVID-19 adalah salah satu hal yang mengakselerasi kebutuhan ini.

"Pandemi COVID-19 yang terjadi menunjukkan invasi teknologi di era digital. Masyarakat sekarang memberdayakan platform digital sebagai aktualisasi kebutuhan sehari-hari, interaksi, bekerja dan lain-lain. Penggunaan layanan digital di Indonesia pun mencapai 21 juta pengguna sejak awal pandemi," kata Dedy.

Dengan begitu, inovasi dan kebutuhan untuk mengenal teknologi semakin tak terelakkan. Apalagi teknologi yang bergulir cepat dan integrasi masyarakat 4.0 makin tinggi, Indonesia semakin butuh talenta digital. Talenta digital adalah orang yang berbakat, mampu beradaptasi dengan teknologi digital, dan memahami tentang keberadaan industri 4.0.

"Butuh talenta digital yang cakap yang dipersiapkan Indonesia dalam perubahan tersebut. Indonesia butuh 9 juta talenta digital dalam 15 tahun ini. Tentunya, kualitas dan kuantitas talenta digital ini harus diasah waktu demi waktu," tegasnya.

Untuk memahami kualitas talenta digital, kita bisa berkaca dari indeks literasi digital. Pada 2021, indeks literasi digital di Indonesia skornya mencapai 3,49. Angka ini meningkat dari tahun 2020 yang sebesar 3,46.

"Di masa depan, teknologi makin dibutuhkan. Perlu belajar AI, Cloud, Computing dan data analytics. Kominfo juga berupaya menumbuhkan talenta lewat pengembangan SDM nasional lewat Program Literasi Digital," tandas Dedy.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Nicholas Saputra Sambut Baik Program Literasi Digital Kemkominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)