Gundam Viral di Media Sosial, Ini Fakta Si Robot Fenomenal

Gundam Viral di Media Sosial, Ini Fakta Si Robot Fenomenal

ADVERTISEMENT

Gundam Viral di Media Sosial, Ini Fakta Si Robot Fenomenal

Tim - detikInet
Senin, 31 Jan 2022 13:35 WIB
Robot gundam raksasa mejeng di sejumlah tempat di Jepang. Bahkan robot raksasa itu juga memelototi aksi atlet panjat tebing dan balap sepeda. Begini penampakan robot tersebut.
Gundam Viral di Media Sosial, Ini Fakta Si Robot Fenomenal. Foto: Getty Images
Jakarta -

Gundam adalah karakter robot fenomenal asal Jepang dan sedang viral di media sosial Indonesia. Usut punya usut, Gundam jadi viral lantaran kisah seorang pria yang mengaku koleksi Gundam miliknya dibawa tanpa permisi oleh sang keponakan.

Lelaki bernama Satria Sri Sultan II itu mengunggah ceritanya di TikTok dan jadi viral. Jadi, karena Gundam koleksinya dibawa oleh keponakan, maka Satria menghubungi tantenya agar Gundam itu dikembalikan.

Namun sang tante meminta agar Satria merelakan mainan Gundam itu, yang dikiranya hanya seharga Rp 50 ribuan. "Gundam seharga 1 HP Redmi Mid-Range diambil keponakan tante saya. Dibilang mainan harga Rp 50 ribu. Lawak banget nih," cetus Satria.

Padahal, harga Gundam itu sebenarnya tembus jutaan rupiah. Bicara soal Gundam, karakter robot ini adalah franchise yang diciptakan oleh Yoshiyuki Tomino dan perusahaan Sunrise di Jepang.

Franchise Gundam dimulai pada 7 April 1979 dengan serial televisi bertajuk Mobile Suit Gundam. Popularitasnya langsung meledak sehingga dikembangkan menjadi 50 serial televisi, film, komik manga, novel, video game sampai mainan model kit dari plastik dengan sebutan Gunpla.

Gunpla sesuai namanya, adalah kependekan dari Gundam Plastick Model, karena kebanyakan materialnya terbuat dari plastik. Diperkirakan sampai tahun 2015, telah terjual 450 juta unit Gunpla dengan 2.000 model berbeda.

Franchise Gundam sejak Maret 2020 dimiliki sepenuhnya oleh Bandai Namco Holdings. Bahkan tidak hanya berupa serial ataupun mainan kecil, diciptakan pula robot Gundam raksasa sebagai tempat wisata.

Salah satu yang terbaru adalah robot Gundam di Yokohama yang diresmikan pada Desember 2020 kemarin. Disebut sebagai Gundam Factory Yokohama, tinggi robot Gundam ini mencapai 18 meter.

Awalnya, robot Gundam atraksi ini direncanakan hanya akan beroperasi sampai Maret 2022, namun diperpanjang sampai tahun 2023. Hal ini dilakukan untuk membuka lebih banyak kesempatan bagi pengunjung dari dalam dan luar negeri yang ingin datang tapi masih terhambat pandemi Corona.

Robot Gundam raksasa lain juga ada di Fukuoka dengan tinggi 24,8 meter, lebih besar dari robot Gundam di Yokohama.



Simak Video "Menjajal Indomie Goreng Viral di Muara Karang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT