SMS Pertama di Dunia Laku Terjual Rp 1,7 Miliar!

SMS Pertama di Dunia Laku Terjual Rp 1,7 Miliar!

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 22 Des 2021 22:55 WIB
SMS pertama di dunia
SMS pertama di dunia. Foto: Daily Mail
Paris -

Pesan SMS pertama di dunia yang terkirim, telah dilelang oleh Vodafone dan terjual dengan harga cukup mahal. Tepatnya harga SMS ini sekitar 90 ribu poundsterling atau di kisaran Rp 1,7 miliar.

SMS tersebut dikirimkan pada bulan Desember 1992 atau 29 tahun yang lalu dengan kalimat Merry Christmas atau Selamat Natal. SMS itu dikirimkan melalui komputer oleh engineer bernama Neil Papworth kepada koleganya, Richard Jarvis.

Seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, Rabu (22/12/2021) Richard Jarvis menerima SMS bersangkutan dengan perangkat telepon bernama Orbitel, yang mirip dengan telepon meja tapi tidak ada kabelnya.

"Mereka ketika itu sedang menggelar acara di akhir tahun sehingga ia mengirim pesan itu dengan bunyi Merry Christmas," kata Maximilen Agutess dari rumah lelang Aguttes yang berlokasi di kota Paris.

Setahun kemudian, Nokia memperkenalkan sistem pesan SMS di ponselnya. Kemudian seiring berjalannya waktu, SMS menjadi salah satu metode komunikasi yang paling populer.

Dalam lelang ini, SMS tersebut dijual dalam bentuk NFT atau non fungible token, tipe aset digital yang belakangan sedang ngetren di berbagai negara. Setiap NFT merupakan sesuatu yang unik dan bisa berupa foto, video atau teks.

Sang pembeli, yang tak mau diungkap siapa namanya, akan menerima replika protokol yang mentransmisikan SMS itu. Sedangkan hasil penjualan akan diberikan pada lembaga kemanusiaan PBB yaitu United Nations Refugee Agency.

Penjualan NFT pada saat ini masih belum legal di Prancis. Maka untuk mengakalinya, rumah lelang tersebut menampilkan SMS pertama itu dalam bingkai digital, yang menampilkan kode dan juga protokol komunikasinya.



Simak Video "Polisi Ungkap Cara Pelaku Dapat Kontak di Kasus Penipuan SMS"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)