Aneka Film Animasi Keren Kelas Dunia Made In SMK Kudus

ADVERTISEMENT

Gebrakan Sekolah Animasi

Aneka Film Animasi Keren Kelas Dunia Made In SMK Kudus

Dian Utoro Aji - detikInet
Sabtu, 18 Des 2021 21:15 WIB
SMK Raden Umar Said Kudus Sekolah Animasi
Siswa SMK RUS sedang membuat film animasi Sabda Alam (Foto : Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Digital talent dari SMK Raden Umar Said, Kudus, Jawa Tengah mampu menciptakan sejumlah film animasi kelas dunia. Sejumlah karya siswanya itu pun meraih prestasi di ajang Internasional hingga mendapatkan apresiasi oleh para sineas. Apa saja karya-karya siswa SMK Animasi di Kudus ini?

"Jadi memang IP (intellect property) karya yang kita buat untuk internal kita untuk ciri khas kita, kita bikin ini (film animasi) dan memang tidak kita komersilkan," kata Kepala Prodi Animasi SMK RUS, Kudus, Rico Andriansyah kepada detikINET di SMK RUS Kudus, awal pekan ini.

Rico mengatakan pembuatan film animasi di SMK RUS sejak tahun 2015. Setidaknya ada lima karya film animasi yang telah dibuat siswa-siswi SMK RUS. Karya pertama film animasi yang dibuat siswanya adalah Pasoa dan Sang Pemberani.

Selanjutnya film Unstring Your Heart dibuat tahun 2017-2018. Berikutnya ada film Googoo Galaxy tahun 2019, lalu Merdeka Belajar tahun 2020, dan terakhir video musik animasi Sabda Alam.

"Itu mulai dari tahun pertama 2015-2016 kita bikin Pasoa dan Sang Pemberani, tahun 2017 sampai 2018 kita bikin Unstring Your Heart, terus ketiga 2019 kita bikin Googoo Galaxy, itu ada di Youtube semua, itu lagu anak-anak terus tahun 2020 ada Merdeka Belajar dengan ikon Macan Muria dan terakhir ini tentang Sabda Alam," ungkap Rico.

Dia mengatakan masing-masing film animasi yang dibuat memiliki ciri khas sendiri. Film animasi yang pertama dibuat, Pasoa dan Sang Pemberani mengisahkan tentang kerajaan-kerajaan di Jawa dan Sumatra pada zaman dahulu.

"Kemudian Unstring Your Heart itu dari Semarang. Terus yang Googoo Galaxy memang kita angkat lagu anak-anak kita lagi bentuk yang menyenangkan, dan Macan Muria kita ambil ikon Macan Muria itu sebagai ikon Merdeka Belajar RUS, terakhir Sabda Alam ini kita angkat burung-burung Indonesia kita jadikan film animasi," jelas Rico.

Di samping film tersebut, kata dia siswa juga mengerjakan film animasi pesanan dari luar sekolah. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan ternama memesan film animasi dari siswa SMK RUS Kudus.

"Di luar itu banyak film yang kita kerjakan, seperti dari Mola TV, terus dari Polytron dari Bank BCA itu pesanan dari luar. Kalau sudah dipesan itu mereka punya hak dari luar," ucap Rico.

"Yang mereka dapatkan bagi siswa adalah nama mereka masuk di credit title. Ketika mereka melamar kerja, mereka sudah mengerjakan proyek dari sini," sambung dia.

Karya siswa SMK RUS pun sempat menorehkan prestasi di ajang internasional. Salah satu film animasi karya mereka pernah menjadi perhatian dunia yakni Unstring Your Heart.

Beberapa penghargaan didapatkan seperti nominasi The 20th Kansas International Film Festival 2020, Canberra Short Film Festival 2019, Pune Short Film Festival 2019, hingga menjadi pemenang di ajang HelloFest tahun 2019.

Terbaru video musik animasi karya siswa SMK RUS berjudul Sabda Alam pun viral. Dalam waktu sebulan sudah ada tiga juta viewer. Sabda Alam juga tampil di Balinale International Film Festival 2021. Hal tersebut menjadi kebanggaan bagi para siswa dan guru. Inilah film animasi Sabda Alam karya SMK RUS Kudus

[Gambas:Youtube]



(mbr/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT