Netizen Belajar Bikin Croffle dan Surat Lamaran Kerja Lewat Google

Year In Review 2021

Netizen Belajar Bikin Croffle dan Surat Lamaran Kerja Lewat Google

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 08 Des 2021 19:37 WIB
Sydney, Australia - October 28, 2011: Female hand holding an ipad showing Google. She is touching the screen. There is coffee on the dining table in the background.  This image shows the ipad being used in a casual environment.
Netizen Belajar Bikin Croffle dan Surat Lamaran Kerja Lewat Google Foto: Getty Images/courtneyk
Jakarta -

Google kembali mengungkap deretan topik yang banyak dicari pengguna internet di Indonesia dalam Year in Search 2021. Untuk Year in Search tahun ini, Google melihat ada tren penelusuran yang berbeda.

Communications Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan mengatakan tahun 2021 merupakan momen bagi masyarakat Indonesia untuk bangkit kembali di tengah pandemi, dan ini tercermin dari topik yang mereka cari di Google.

"Tahun 2021 ini bagaikan momen atau waktu di mana masyarakat Indonesia itu mencari cara untuk pulih, untuk bagaimana saya bisa recover, bisa bangkit kembali. Tapi bangkit kembalinya pun lebih tangguh dan benar-benar pivot, ganti haluan sekaligus," kata Feliciana dalam media briefing Google Year in Search 2021, Rabu (8/12/2021).

Feliciana mencontohkan perubahan tren ini bisa dilihat dari dua kategori yang ada di Year in Search 2021 yaitu kategori 'Bagaimana Cara' dan 'Resep'.

Google Year in Search 2021Google Year in Search 2021 Foto: dok. Google

Kategori Bagaimana Cara diisi oleh beberapa topik terkait pengembangan karier dan pribadi, misalnya cara membuat surat lamaran kerja, cara daftar kartu prakerja, dan cara membuat Google Form di HP. Tidak hanya itu, netizen yang berniat menjadi wirausahawan juga mencari cara jualan online lewat Google.

Selain itu, dalam kategori Overall Trending Year in Search 2021, Google juga mencatat beberapa topik terkait pekerjaan yang banyak dicari seperti Prakerja.go.id dan Google Translate.

Karena masih dalam situasi pandemi, netizen juga banyak menghabiskan waktunya untuk belajar memasak dan mencari resep baru di Google. Jika tahun lalu makanan yang trending adalah kopi dalgona, kini giliran croffle yang banyak dicari oleh netizen.

Hasil pencarian Google lainnya yang juga relatable adalah cara menurunkan berat badan dan cara mengecilkan perut buncit. Rupanya banyak netizen di luar sana yang sudah terlalu lama berdiam di rumah sampai berat badannya naik.

"Kalau tahun lalu kita lihat masih kayaknya harus beradaptasi kayaknya masih bingung ini ada apa sih perubahannya. Tapi tahun ini kita benar-benar lihat sudah waktunya aksi semua," ujar Feliciana.



Simak Video "Resep Paling Dicari di Google 2021: Croffle hingga Cimol"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)