Yacht Seharga Rp 9,3 Miliar Laku Terjual di Metaverse

Yacht Seharga Rp 9,3 Miliar Laku Terjual di Metaverse

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 30 Nov 2021 18:17 WIB
Yacht Metaverse
Foto: Dok. Republic Realm
Jakarta -

Sebuah yacht atau kapal pesiar mewah seharga USD 650 ribu atau sekitar Rp 9,3 miliar laku terjual. Apa menariknya? Yacht itu cuma ada dalam sebuah metaverse...

Yacht-nya bernama Metaflower Super Mega Yacht, yaitu yacht super mewah yang punya kolam air panas dan helipad, dan sebenarnya jika ada di dunia nyata sangat murah dengan harga itu. Namun yacht ini hanya ada di dunia virtual, alias metaverse.

Yacht ini adalah NFT yang didesain untuk The Sandbox, sebuah dunia virtual di mana pemainnya bisa membangun, memiliki, dan memonetisasi pengalaman gamingnya, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (30/11/2021).

Desainer yacht ini adalah Republic Realm, sebuah platform inovasi dan investasi NFT dan metaverse, yang merupakan bagian dari Fantasy Collection. Yacht ini juga jadi NFT termahal yang pernah terjual di The Sandbox, yang terjual dengan harga 149 ether (nilainya sekitar USD 650 ribu).

Republic Realm ini adalah pembuat barang-barang NFT mewah untuk platform The Sandbox. Produk lainnya antara lain seperti pulau pribadi, jet ski, dan speedboat.

Di The Sandbox, pemain bisa membuat aset digital NFT dan mengunggahnya ke marketplace, untuk dibeli oleh pemain lain. Siapapun yang mempunyai 'sand' -- token utilitas di platform ini -- bisa berpartisipasi untuk menjadi pemerintah di platform tersebut lewat decentralized autonomous organization (DAO).

Namun di metaverse lain ada juga yang menghabiskan hampir USD 2,5 juta untuk membeli tanah digital, yaitu di metaverse Decentraland. Lalu di Axie Infinity -- metaverse lain -- ada yang membeli tanah digital seharga USD 2,3 juta.

Tampaknya banyak yang berani mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang-barang ataupun tanah di metaverse, sebelum metaverse ini ramai dipakai orang. Meningkatkan ketertarikan publik terhadap metaverse seiring dengan meningkatnya nilai tukar mata uang kripto yang terhubung ke metaverse tersebut.



Simak Video "Gokil! NFT Syahrini Laris Terjual dalam Hitungan Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)