Puting Madonna Dihapus, Tapi Instagram Izinkan Foto Telanjang Bersyarat

Puting Madonna Dihapus, Tapi Instagram Izinkan Foto Telanjang Bersyarat

Tim - detikInet
Selasa, 30 Nov 2021 16:15 WIB
Mandatory Credit: Photo by Carl Timpone/BFA/REX/Shutterstock (8773364av)
Madonna
The Costume Institute Benefit celebrating the opening of Rei Kawakubo/Comme des Garcons: Art of the In-Between, Arrivals, The Metropolitan Museum of Art, New York, USA - 01 May 2017
(Foto: Carl Timpone/BFA/REX/Shutterstock)
Jakarta -

Instagram menghapus foto penyanyi Madonna yang putingnya terekspos. Namun ternyata, posting foto tanpa busana dibolehkan dalam kondisi khusus.

Madonna mengkritik Instagram usai memposting ulang fotonya -- kini dengan payudara ditutupi emoji hati -- dan menyebut Instagram melakukan standar ganda. Penyanyi yang sudah berusia 63 tahun ini mempertanyakan sikap Instagram yang tidak seragam terhadap foto telanjang.

"Puting untuk memberi makan bayi. Kenapa puting laki-laki tidak dianggap erotis? Kenapa pantat perempuan tidak pernah disensor dimana-mana," protes Madonna.

Dilansir dari CNN, Selasa (30/11/2021) Meta selaku induk Instagram mengatakan foto yang melanggar aturan akan dihapus, tanpa melihat siapa yang memposting. Namun ternyata ada foto-foto tanpa busana yang diperbolehkan oleh Instagram.

Diberitakan Mashable, Instagram pada Februari 2021 mengubah aturan soal ketelanjangan setelah mendapat rekomendasi dari Facebook Oversight Board. Ini adalah dewan pengawas yang terdiri dari panelis independen yang menerima masukan dari masyarakat.

Instagram menyatakan secara umum melarang foto telanjang. Hal itu termasuk foto, video dan konten digital yang menunjukkan adegan seksual, alat kelamin, pantat telanjang secara close up. Yang juga dilarang adalah foto puting payudara perempuan -- seperti dalam kasus foto Madonna.

Instagram juga menghapus foto anak-anak yang telanjang atau sebagian telanjang. Instagram menjelaskan meskipun maksud fotonya baik, foto tersebut rawan disalahgunakan.

Namun dalam panduan komunitas, Instagram membuat pengecualian setelah ada rekomendasi dari Facebook Oversight Board. Foto telanjang dada boleh diposting di Instagram dalam konteks menyusui, melahirkan, momen usai melahirkan dan situasi terkait kesehatan (mastektomi, kampanye kanker payudara dan operasi bedah gender).

Foto telanjang dalam maksud aksi protes politik juga dibolehkan. Ketelanjangan dalam bentuk lukisan atau patung orang telanjang, juga boleh diposting di Instagram.

Untuk kasus Madonna, tampaknya jelas alasan Instagram menghapusnya. Puting payudara Madonna yang terekspos dinilai tidak terkait dengan isu kesehatan, sehingga masuk klausul ketelanjangan yang secara umum dilarang oleh Instagram.



Simak Video "Instagram Uji Coba 3 Pilihan Feed Baru, Seperti Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)