Nasib Jack Ma yang Mengkhawatirkan Kini Ada Titik Cerah

Nasib Jack Ma yang Mengkhawatirkan Kini Ada Titik Cerah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 21 Okt 2021 05:40 WIB
Jack Ma
Jack Ma. Foto: YouTube
Jakarta -

Nasib Jack Ma sempat dikhawatirkan banyak pihak. Wajar saja, ia sudah setahun tidak terang-terangan muncul atau berbicara di hadapan publik. Namun ada titik cerah yang membuktikan bahwa sang pendiri Alibaba baik-baik saja, bahkan leluasa melakukan aktivitasnya.

Kabar terbaru, dia terbang ke Spanyol dari Hong Kong dengan pesawat pribadi dalam rangka liburan. Kabar ini membuat harga saham Alibaba membumbung sampai 9%. Investor tentu lega mendengar Jack Ma agak jelas nasibnya, tidak ditahan atau lainnya.

Di Spanyol, sumber terpercaya menyatakan Jack Ma liburan menggunakan kapal pesiar pribadinya. Adapun media South China Morning Post menyebut Jack Ma juga sedang mempelajari soal pertanian dan teknologi terkait isu lingkungan.

"Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa apabila Jack Ma tidak lagi menghilang setidaknya akan membuat harga saham Alibaba naik 10%, karena hal itu sudah lama menjadi salah satu ketidakpastian untuk banyak investor," kata Tariq Demison, pengamat dari GFM Asset Management yang dikutip detikINET dari CNBC.

Sebelumnya diberitakan, media Hong Kong The Standard mengutip dua sumber terpercaya, menyatakan bahwa Jack Ma terlihat di Kota Hong Kong pada tanggal 1 Oktober 2021.

Di Hong Kong, juga dari The Standard yang dikutip detikINET, Jack Ma sempat beberapa kali dinner dengan rekan-rekan bisnisnya. Kemudian dikabarkan pula bahwa dia sempat bermain golf dengan teman dekat di Hong Kong Golf Club di Fanling.

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa pemerintah China tidak menahan Jack Ma atau melarangnya ke luar negeri, melainkan agar dia tidak tampil di hadapan publik terang-terangan.

Oktober 2020 setahun lalu, Jack Ma berpidato yang mengkritik sistem keuangan China. Sejak itulah, bisa dikatakan dia hilang secara misterius tanpa kejelasan yang memadai di mana lokasinya dan bagaimana keadaannya. Ia hanya beberapa kali muncul, kebanyakan di dunia maya. Kini sudah ada titik cerah tentang nasibnya.



Simak Video "Masih Soal Misteri Menghilangnya Jack Ma"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)