DANA-Ditjen Dukcapil Kolaborasi demi Transaksi Digital Aman & Nyaman

DANA-Ditjen Dukcapil Kolaborasi demi Transaksi Digital Aman & Nyaman

Erika Dyah - detikInet
Senin, 18 Okt 2021 22:00 WIB
Fitur Face Login DANA
Foto: DANA
Jakarta -

DANA menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri untuk memudahkan proses verifikasi. Kerja sama ini diharapkan dapat membuat verifikasi know your customer (KYC) pengguna menjadi lebih cepat dan akurat.

Diketahui, dompet digital DANA mendorong penggunanya untuk melakukan verifikasi KYC dan mendaftar sebagai pengguna premium. Langkah ini dilakukan demi keamanan data dan kenyamanan dalam bertransaksi, sekaligus upaya mencegah tindak kejahatan digital.

Dalam diskusi bertema 'Data Kependudukan dan Sistem Keuangan Digital' bersama Ditjen Dukcapil Kemendagri, CEO dan Co-Founder DANA, Vince Iswara mengungkapkan keamanan data dan kenyamanan transaksi akan selalu menjadi prioritas DANA. Salah satu upaya yang dilakukan pihaknya ialah membekali DANA dengan teknologi terdepan dalam verifikasi KYC.

"Kami terus memperkuat sistem keamanan termasuk dengan menerapkan zero data sharing policy, mengadopsi sistem berstandar internasional seperti sertifikasi ISO 27001:2013 maupun PCI-DSS, dan bekerja sama dengan Dukcapil untuk proses verifikasi data pengguna. DANA juga tidak berhenti mendorong dan mengedukasi pengguna untuk melakukan proses verifikasi KYC. Pasalnya, masih terdapat pengguna DANA yang belum melakukan KYC padahal manfaatnya besar sekali," ujar Vince dalam keterangan tertulis, Senin (18/10/2021).

Ia menjelaskan dengan melakukan KYC yang terkoneksi dengan Dukcapil, bukan berarti data kependudukan pengguna akan tersimpan di DANA. Namun, data tersebut hanya terhubung dengan Dukcapil untuk tujuan verifikasi.

Untuk itu, Vince berpesan agar pengguna tidak khawatir data pribadinya disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Selain itu, lanjut Vince, dengan melakukan KYC pengguna DANA akan menjadi pengguna premium yang bisa memanfaatkan secara optimal keunggulan-keunggulan serta manfaat dari teknologi yang dikembangkan oleh DANA.

Vince menambahkan kerja sama DANA dengan Dukcapil membuat proses verifikasi menjadi cukup mudah dan cepat. Selain faktor keamanan dan kemudahan tersebut, pengguna yang sudah melakukan proses KYC juga bisa menikmati sejumlah manfaat lainnya. Mulai dari menambah saldo (top up) sampai dengan Rp10 juta, melakukan transfer maupun tarik tunai, serta penawaran spesial lainnya.

"DANA menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dukcapil atas kerja sama dan dukungan konektivitas dalam mengakselerasi setiap proses transaksi digital secara mudah dan aman. Kami percaya bahwa perlindungan terhadap data personal pengguna DANA berkat konektivitas dengan Dukcapil berdampak positif terhadap makin meningkatnya kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam mengadopsi budaya bertransaksi nontunai digital," ungkap Vince.

"Seiring dengan itu, DANA berkomitmen mendukung setiap program yang diinisiasi oleh Dukcapil yang berkaitan erat dengan percepatan inklusi keuangan digital di seluruh kalangan masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Halaman selanjutnya: Aneka kemudahan untuk pengguna >>>