Heboh Fitur Baru Shopee: Bisa Intip Belanjaan Teman!

Heboh Fitur Baru Shopee: Bisa Intip Belanjaan Teman!

Tim - detikInet
Jumat, 15 Okt 2021 07:46 WIB
Gudang Shopee Kebakaran di Jakut, Shopee Jelaskan soal Barang Pelanggan
Bisa Intip Belanjaan Teman, Fitur Baru Shopee Dianggap Langgar Privasi Pengguna. Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET
Jakarta -

Viral di media sosial, fitur terbaru Shopee dianggap mengganggu privasi pengguna. Fitur ini memungkinkan kita mengintip aktivitas teman di Shopee.

Informasi ini disampaikan oleh akun Twitter @efify dan ramai dibagikan netizen lainnya. Dalam thread Twitter-nya, @efify meminta netizen mengecek pengaturan privasi di Shopee.

"Buat temen-temen pengguna @ShopeeID yang emang belum tahu atau gak nyadar, coba cek pengaturan privasinya deh. Pas buka chat, aneh ada tab baru aktivitas temen. Pas gue buka, isinya barang yang dibelanjain temen gue dan dia review barang apa aja. Ngeri njir," tulisnya.


"Kalo orangnya gak ngeh, privasi belanjanya dia bisa dibaca temen-temennya. Buset dah. Tadi gue sempet liat temen gue belanja apaan aja. Padahal dia gak aktif socmed apapun. Kan ga mungkin dia niat ngumbar. Semacam pelanggaran privasi itu mah," sambungnya.

Akun Shopee Indonesia @ShopeeID langsung menanggapi thread ini. Admin Twitter tampak membalas tweet @efify disertai penjelasan mengenai fitur tersebut dan cara menonaktifkannya.



"Hi kak, maaf udah buat gak nyaman. Shopee merilis fitur baru Shopee Friends. Fitur ini bertujuan utk meningkatkan interaksi & retensi pembeli dgn mengembangkan interaksi sesama pengguna Shopee," sebutnya.

Menurut admin akun tersebut, kita bisa menonaktifkan privasi agar tidak terlihat oleh orang lain dengan cara:

Klik halaman Saya > Pengaturan Akun > Pengaturan Privasi > lalu klik bagian Pengaturan Status Sosial atau klik link https://shp.ee/hkpkmjf

"Ya min cuma fiturnya tiba-tiba ada. Kalo yang gak tau dan itu udah ke-share otomatis ke pengguna yang gak mau share datanya kan jadi merugikan. Mending share manual seperti posting daripada kayak gitu. Gak cuma orang tua yang gaptek, anak muda juga banyak," balas @efify.

Pengguna lain tampak menyampaikan keluhan serupa dan menyayangkan Shopee merilis fitur ini diam-diam tanpa memberitahukan ke pengguna sebelumnya. Terkait hal tersebut, Juru bicara Shopee Indonesia menegaskan fitur ini sifatnya opsional. Shopee menegaskan tepat melindungi privasi pengguna dengan memberikan kontrol penuh untuk mengatur privasi akun.

"Kami informasikan bahwa Pengguna memiliki kontrol penuh untuk bisa mengatur privasi akun terkait riwayat kegiatan mereka. Shopee juga telah mengatur agar barang-barang dari kategori sensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna lain," kata juru bicara Shopee Indonesia dalam keterangan kepada detikINET, Jumat (15/10/2021).



Simak Video "Indonesia Masuk Top 3 Pengguna Aplikasi E-Commerce di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)