Anak Zaman Sekarang Tidak Paham Folder dan File di Komputer

Anak Zaman Sekarang Tidak Paham Folder dan File di Komputer

Josina - detikInet
Selasa, 28 Sep 2021 14:17 WIB
ilustrasi komputer
Anak Zaman Sekarang Tidak Paham Folder dan File di Komputer (Foto: Unsplash)
Jakarta -

Banyak konsep komputer yang dibawa dari dunia nyata. Misalnya seperti recycle bin di mana jika di komputer merupakan tempat menyimpan file yang dihapus.

Dalam sebuah laporan dari situs The Verge yang mengumpulkan beberapa kisah unik dan lucu dari beberapa tenaga pendidik, ditemukan adanya generasi muda dari para siswa sekolah yang tidak paham apa itu file dan folder di komputer.

Dalam berbagi cerita yang dibagikan oleh para pendidik ini, banyak di antara mereka yang menemukan contoh di mana siswa tampaknya tidak memahami bagaimana konsep file dan folder.

Seperti diketahui kedua hal tersebut adalah sistem yang digunakan pada masa sebelum komputer, di mana file pada dasarnya adalah dokumen/laporan individual dan folder adalah tempat pengguna meletakkannya untuk mengaturnya.

Menurut Catherine Garland, seorang Astrofisikawan yang mengajar teknik berbagi perspektifnya tentang bagaimana file komputer diatur versus bagaimana murid-muridnya melihatnya.

"Saya cenderung berpikir sebuah item tinggal di folder tertentu. Itu tinggal di satu tempat dan saya harus pergi ke folder itu untuk menemukannya. Tapi mereka melihatnya seperti satu ember dan semuanya ada di dalam ember," ujarnya sebagaimana dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (28/9/2021).

Tentu saja, ini tidak berarti bahwa semua generasi muda tidak tahu apa-apa tentang file dan folder, akan tetapi hal ini menunjukkan bahwa saat melangkah ke masa depan, mungkin sudah waktunya untuk memikirkan kembali bagaimana kita mendekati komputer dan desainnya.

Misalnya, konsep 'mengangkat' telepon' atau 'menutup' telepon jadul yang memiliki desain gagang. Hal itu dirasakan sebagaihal yang asing bagi anak-anak muda yang tumbuh di era smartphone saat ini.



Simak Video "d'Mentor: Berani Scalping Saham Demi Profit"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)