UMKM Kuliner di Tokopedia Naik 60%, Pemkot Bandung Dorong Digitalisasi

UMKM Kuliner di Tokopedia Naik 60%, Pemkot Bandung Dorong Digitalisasi

Syahputra Eqqi - detikInet
Kamis, 23 Sep 2021 20:32 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Menyambut HUT ke-211 Kota Bandung, Tokopedia dan Pemerintah Kota Bandung mengajak lebih banyak UMKM Bandung di bidang makanan dan minuman untuk beradaptasi dengan teknologi guna mengembangkan usahanya, contohnya lewat platform digital seperti Tokopedia dan kampanye Tokopedia Nyam Bandung.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan, menuturkan banyak UMKM lokal yang justru menemukan momentum di tengah pandemi untuk memulai usaha mereka.

"Pada awal kuartal II/2021, jumlah penjual makanan dan minuman yang bergabung di Tokopedia Nyam Bandung bertambah sekitar 60% dibandingkan kuartal sebelumnya. Inisiatif hyperlocal, termasuk Tokopedia Nyam Bandung, sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk terus berkolaborasi dengan mitra strategis" papar Emmiryzan.

Dalam acara Media Briefing Tokopedia Nyam Bandung hari ini, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengatakan sangat penting untuk UMKM Bandung dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam berbisnis.

"Harapan kami ke depannya lebih banyak lagi kolaborasi dan inisiatif seperti Tokopedia Nyam agar UMKM lokal dapat meraja di negeri sendiri," ucap Yana.

Lebih lanjut, Tokopedia Nyam dan sederet inisiatif lainnya telah mendorong kenaikan transaksi pada kategori makanan dan minuman di Tokopedia. Peningkatan transaksi yang signifikan juga dialami oleh UMKM bernama Daging Sapi Diasapin.

Pemilik usaha Daging Sapi Diasapin, Bagja Putra, mengungkapkan sejak mengikuti kampanye Tokopedia Nyam Bandung, penjualan usahanya meningkat hingga puluhan persen.

"Kami pun memanfaatkan beragam fitur dan promo seperti Bebas Ongkir, Flash Sale, Bundling dan menjadi Official Store sehingga pelanggan toko kami semakin meluas ke wilayah Manado, Makassar hingga Bangka Belitung," jelas Bagja

Bagja menambahkan, Tokopedia Nyam juga membantu usahanya dalam menjangkau lebih banyak pembeli baru yang tertarik untuk mulai mencoba produk daging asap kami. Menurutnya, produk usahanya juga telah berhasil menjual hingga ratusan produk per bulannya melalui Tokopedia.

Head of Category Development Tokopedia, Pranidhana Mahardhika, mengungkapkan, belanja online menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari terutama di tengah pandemi.

"Antusiasme masyarakat terhadap produk makanan dan minuman mendorong produk protein dan telur, bumbu & bahan masakan, makanan ringan, hingga sayur & buah menjadi sub-kategori produk paling favorit di Tokopedia Nyam Bandung selama kuartal II/2021," jelas Mahardhika.

Mahardhika menambahkan, produk seperti madu, batagor kuah, pisang bolen, hingga camilan khas Bandung seperti seblak menjadi produk paling diburu masyarakat.



Simak Video "Tren Transaksi Tokopedia di Papua Meningkat di Kuartal II 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/fay)