Pelajar Kamboja Kembangkan Drone Untuk Bawa Manusia

Pelajar Kamboja Kembangkan Drone Untuk Bawa Manusia

Josina - detikInet
Rabu, 22 Sep 2021 22:36 WIB
Ilustrasi Drone
Pelajar Kamboja Kembangkan Drone Untuk Bawa Manusia (Foto: Photo by Diana Măceşanu on Unsplash)
Jakarta -

Drone adalah pesawat tak berawak yang dikendalikan manusia dari jarak jauh menggunakan alat pengontrol. Banyak kisah di mana drone kerap digunakan untuk kebutuhan fotografi hingga pengantar makanan.

Dan yang terbaru, drone ingin dijadikan sebagai kendaraan pribadi yang dapat membawa orang untuk menjadi solusi kemacetan. Mereka yang berinovasi ini adalah sekelompok pelajar di Phnom Penh, Kamboja.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, Rabu (22/9/2021) para pelajar ini telah membuat drone berawak buatan sendiri yang benar-benar telah berfungsi. Diciptakannya drone berawak ini terinspirasi dari keinginan mereka untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

Drone ini dapat menerbangkan manusia hingga berat 60kg dan dapat terbang setinggi empat meter dalam waktu selama 10 menit.

Memang dalam waktu 10 menit mungkin tidak akan membawa jarak yang terlalu jauh, akan tetapi ide ini adalah upaya siswa yang tidak memiliki sumber daya dari perusahaan teknologi besar dan tentu hal ini sangat mengesankan.

Butuh waktu tiga tahun bagi mereka untuk menciptakan drone berawak ini serta dalam proses pembuatannya mereka sudah menghabiskan banyak uang sebesar USD 20.000 atau sekitar Rp 284 jutaan.

Namun, mereka masih jauh dari kata selesai dan para siswa memperkirakan bahwa mereka membutuhkan tambahan dua tahun lagi sebelum sepenuhnya siap dan diuji. Diperkirakan juga bahwa pada akhirnya, proyek tersebut dapat menelan biaya USD 40.000 atau sekitar Rp 569 jutaan.

Selain untuk mengatasi kemacetan, para siswa juga ingin drone ini dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran, seperti membantu mengangkut air atau membawa selang ke lantai yang lebih tinggi dengan lebih cepat dan lebih efisien.



Simak Video "Protes Kerabat saat Drone AS Tewaskan Satu Keluarga di Kabul"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)