5 Fakta Perbandingan Muhammad Kece VS Jozeph Paul Zhang - Halaman 2

Terpopuler Sepekan

5 Fakta Perbandingan Muhammad Kece VS Jozeph Paul Zhang

Tim - detikInet
Minggu, 29 Agu 2021 07:30 WIB
Muhammad Kece dan Jozeph Paul Zhang, YouTuber yang jadi tersangka penodaan agama
Foto: (Screenshot Youtube)

4. Beda posisi antara Jerman dan Bali

Perbedaan pertama antara Muhammad Kece dan Jozeph Paul Zhang adalah lokasi domisilinya. Jozeph Paul Zhang dari Tegal dan masih dengan nama aslinya Shindy Paul. Dia lalu sempat tinggal di Perum Dliko III, Kota Salatiga dan kuliah di sana hingga tahun 2012.

Jozeph di akun YouTube-nya mengaku tinggal di Jerman. Meskipun mengaku bukan WNI, data dari polisi menyebutkan dia masih WNI.

Sedangkan Muhammad Kece awalnya tinggal di Pangandaran dan dikenal dengan nama aslinya Kosman. Namun dia terusir dari kampungnya karena ceramah yang membikin resah masyarakat.

Setelah jadi YouTuber kontroversial, dia ketahuan tinggal di Bali dari videonya sendiri tentang cukur rambut di sebuah salon di Kota Denpasar, Bali.

5. Beda perkembangan kasus di tangan polisi

Perbedaan kedua adalah perkembangan kasusnya di tangal polisi. Muhammad Kece sudah ditangkap di Mengwi, Badung, Bali pada Selasa (24/8). Muhammad Kece sempat bersembunyi di sawah dekat rumahnya namun akhirnya tetap ketahuan oleh polisi. Muhammad Kece kini sudah meringkuk di tahanan Bareskrim Mabes Polri.

Sedangkan Jozeph Paul Zhang masih melenggang bebas karena posisinya di luar negeri. Jozeph sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) Polri untuk penerbitan Red Notice oleh Interpol.

Sayangnya Interpol tidak merespons Red Notice. Jozeph kini pindah ke Belanda yang secara yuridiksi menguntungkan dirinya karena tidak ada hukum soal ujaran kebencian. Polisi pun masih mencoba jalur lain untuk mendapatkan Jozeph.

(fay/afr)