BTS hingga Ikatan Cinta, Tagar Terpopuler di Twitter Paruh Pertama 2021

BTS hingga Ikatan Cinta, Tagar Terpopuler di Twitter Paruh Pertama 2021

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 24 Agu 2021 08:17 WIB
7 Kolaborasi BTS dengan Brand Ternama
BTS jadi tagar terpopuler di Twitter. Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Twitter merayakan Hari Hashtag yang jatuh pada 23 Agustus. Media sosial berikon burung biru ini merilis 10 tagar terpopuler untuk paruh pertama tahun ini, mulai dari BTS hingga Ikatan Cinta masuk dalam daftar.

K-Pop dan gaming menjadi topik populer yang mendominasi percakapan di Twitter kawasan Asia sepanjang Januari hingga Juni 2021. Mayoritas negara di Asia Pasifik setidaknya memiliki satu tagar terkait K-Pop dalam daftar 10 tagar terpopuler di negara mereka pada paruh pertama 2021, seperti #BTS di Australia dan Indonesia, hingga #bambam di Thailand.

Topik populer lainnya adalah gaming dengan #GenshinImpact dan #NintendoSwitch sebagai tagar populer di kalangan para gamers.

Menurut Twitter, orang Indonesia kerap menggunakan tagar untuk mencari informasi dengan cepat. Pembahasan tentang tren investasi bitcoin hingga topik hiburan terkini adalah beberapa tagar populer yang turut meramaikan linimasa di Indonesia. Berikut tiga topik tagar yang populer di Indonesia di paruh waktu pertama 2021:

1. Ucapan doa dan harapan untuk Indonesia

Apa yang sedang terjadi di dunia, akan ramai dibicarakan di Twitter. Orang-orang datang ke Twitter untuk menyampaikan doa dan dukungan kepada korban bencana alam dan tragedi kemanusiaan melalui #PrayForIndonesia.

Pada periode enam bulan pertama tahun ini; Indonesia juga mengalami beberapa musibah lainnya dan banyak orang pergi ke Twitter untuk berbagi kekuatan, harapan, dan informasi terkini terkait bencana yang sedang terjadi. Beberapa tagar yang sempat ramai digunakan di linimasa, seperti: #PrayForKalsel terkait bencana banjir di Kalimantan Selatan, #PrayForSriwijayaAir terkait hilangnya pesawat Sriwijaya Air, hingga #PrayForKRINanggala402 terkait dengan tenggelamnya kapal KRI Nanggala 402.

2. Hiburan masih menjadi topik favorit warganet di Indonesia

Di saat kondisi dunia seperti sekarang ini, orang-orang Indonesia datang ke Twitter demi menghibur diri dan terhubung dengan komunitas untuk membicarakan topik-topik hiburan; mulai dari musik, film, serta gaming. Tagar #BTS, sempat meramaikan linimasa Twitter dengan kolaborasi grup K-Pop tersebut bersama McDonald's serta peluncuran lagu-lagu barunya seperti Butter dan Permission to Dance. Penikmat musik Indonesia juga memberikan dukungan kepada penyanyi dan grup favorit mereka saat ajang musik tahunan #GRAMMYs digelar.

Warganet di Indonesia mencari hiburan dengan menonton sinetron dan anime lalu memulai diskusi di Twitter. Sinetron #IkatanCinta yang berisi lika-liku kehidupan dan kisah cinta Andin dan Aldebaran seakan menjadi magnet orang Indonesia yang tidak sabar menunggu datangnya episode baru.

Bagi mereka yang menyukai animasi Jepang, anime #AttackOnTitan dan #JujutsuKaisen ramai digunakan di Twitter sembari menunggu kedatangan season berikutnya. Bagi para gamers di Indonesia, role-playing game (RPG) favorit mereka, #GenshinImpact, juga menjadi bagian dari percakapan seru di Twitter.

3. Tren investasi mata uang kripto

Banyaknya perbincangan mengenai cryptocurrency atau mata uang kripto di Twitter membuat minat orang-orang Indonesia juga meningkat. Hal ini terlihat dari ramainya perbincangan terkait topik ini dengan tagar #bitcoin, #dogecoin, #doge. Para trader berbagi tips dan ilmu di Twitter mengenai strategi terbaik investasi mata uang kripto ini.

Sedikit kilas balik, tagar pertama yang digunakan di Twitter tepat 14 tahun silam. Akun yang pertama menggunakannya adalah @chrismessina dengan menge-Tweet #barcamp.

Semenjak itu, tagar telah berkembang menjadi cara berkomunikasi global untuk mengelompokkan Tweet, memudahkan orang mencari topik dan menjadi bagian dari percakapan sehingga mengubah cara orang-orang berkomunikasi dan menjadi salah satu simbol berpengaruh di era digital. Berikut ini daftar lengkap tagar terpopuler di Indonesia sepanjang Januari hingga Juni 2021 berdasarkan abjad.

10 Tagar Terpopuler di Indonesia Paruh Pertama 2021

  • #AttackOnTitan
  • #bitcoin
  • #BTS
  • #Collabonation
  • #GenshinImpact
  • #GRAMMYs
  • #IkatanCinta
  • #KolaborasiAnakBangsa
  • #JujutsuKaisen
  • #prayforindonesia



Simak Video "Sukses Bikin ARMY Meleleh, #BTSBackWithButter Trending di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)