Vonis Juliari dan Alasan Hakim Bikin Netizen Marah

Vonis Juliari dan Alasan Hakim Bikin Netizen Marah

Tim - detikInet
Senin, 23 Agu 2021 18:10 WIB
Juliari Batubara Minta Dibebaskan, Ini 5 Poin Pleidoinya
Juliari Batubara (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mantan Mensos Juliari P Batubara divonis 12 tahun penjara. Hal yang meringankan menurut hakim adalah karena dibully masyarakat. Netizen pun jadi marah lagi dibuatnya.

Dalam sidang Senin siang (23/8/2021) Juliari Batubara divonis 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Juliari bersalah menerima uang suap Rp 32,482 miliar berkaitan dengan bansos Corona di Kemensos.

Hal yang memberatkan menurut hakim adalah kejadian suap dilakukan saat negara sedang darurat Corona dan Juliari tidak mengakuinya. Sedangkan yang meringankan, hakim menilai Juliari sudah cukup menderita karena bully-an masyarakat.

"Terdakwa sudah cukup menderita dicerca, dimaki, dihina oleh masyarakat. Terdakwa telah divonis oleh masyarakat telah bersalah padahal secara hukum terdakwa belum tentu bersalah sebelum adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," tutur hakim.

Vonis 12 tahun penjara untuk Juliari dan masyarakat yang disalahkan karena mem-bully Juliari, menimbulkan reaksi besar dari netizen Indonesia. Juliari menjadi trending topic di Indonesia dengan 6.296 tweet. Hakim juga menjadi trending topic dengan 18.800 tweet.

Netizen tidak puas dengan vonis 12 tahun penjara untuk Juliari. Netizen Indonesia bahkan lebih marah lagi disalahkan membully Juliari Batubara.

Inilah beberapa komentar dan kegeraman netizen di lini masa Twitter:

"Hakim sebut juliari menderita karna dihina rakyat. Emang rakyat ga menderita juga karna bapa?" kata @gara***.
"Pengen banget ngajak hakim sama pak Juliari minum es kopi vietnam," sindir @frb***.
"Jangan kaget kalau beberapa tahun wartawan ditugaskan meliput seminar dengan tema korupsi. Dan pembicaranya adalah Juliari, Eddy, sama Setya Novanto," kata @rahman***.
"Usut hakimnya. Kecipratan berapa tuh dr si Juliari," tuduh @oli***.
"Masyarakat menderita karena kelakuan bejat Juliari, Pak Hakim. Itu juga cuman di bully, belum dikeroyok masa. Hadeeeeuuuhhh," kata @anjar***.



Simak Video "Sederet Hukuman untuk Eks Mensos Juliari atas Kasus Bansos Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)