Tampilan Internet di Korea Utara yang Sederhana

Tampilan Internet di Korea Utara yang Sederhana

tim detikcom - detikInet
Sabtu, 21 Agu 2021 09:32 WIB
Kabar kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jadi perhatian dunia. Berbagai isu muncul terkait kondisi kesehatan orang nomor satu Korea Utara ini.
Internet di Korea Utara lima tahun lalu. Foto: AP Photo
Jakarta -

Korea Utara memang membatasi penggunaan internet untuk warganya dan begitu juga bagi dunia luar. Negara di luar Korea Utara tidak bisa mengakses website dari negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut. Penasaran dengan tampilan internet Korea Utara?

"Ketika Korea Utara membuat website baru, mereka tidak pernah mempublikasikannya. Entah seseorang menemukannya secara tidak sengaja atau itu muncul di mesin pencarian," kata Martyn Williams yang menjalankan teknologi website Korea Utara dari San Francisco.

"Kami tahu kebanyakan dari ini semua, tapi tidak tahu apakah ada yang lainnya," sambungnya seperti ditulis BBC.

Kira-kira ini adalah tampilan di dalam dunia internet Korea Utara. Oh iya, ini adalah tampilan pada 2016 dengan kata lain 5 tahun lalu. Bisa jadi tampilannya saat ini sudah jauh berkembang.

1. Ada banyak berita tentang 'Supreme Leader's Activities'

Sebagian besar situs web dalam bahasa Korea, tetapi beberapa seperti rodong.rep.kp - situs untuk surat kabar utama Rodong Sinmun - juga memiliki situs berbahasa Inggris.

Tampilan Internet di Korea Utara yang 'Super Simpel'Tampilan Internet di Korea Utara yang 'Super Simpel'. Foto: BBC

Di sini ada bagian yang didedikasikan untuk mengungkap aktivitas dari 'Supreme Leader' atau 'Sang Pemimpin Tertinggi', Kim Jong-un. Contohnya kunjungannya ke perkebunan buah sembari memberi petuah atau saran tentang pertanian buah.

2. Simpel dan terlalu lama

Banyak website-nya yang berjalan lama. Bahkan sebagian juga tidak diperbaharui secara sering. Kecuali website untuk menyampaikan berita pemerintahan.

Menurut Chad O'Carroll dari NK News, website yang memonitor media di Korea Utara, desain dari situs di sana kebanyakan sangat minim dan tidak user friendly.

"Ketika Anda melihat website-nya sangat jelas ini dari Korea Utara. Ini (website) tidak ditampilkan seperti outlet media internasional," tuturnya.

3. Menjunjung seni dan budaya

Untuk kuliner, ada situs makanan cooks.org.kp yang dipenuhi dengan gambar 'resep terkenal Korea'. Situs yang satu Ini memiliki daftar semua restoran utama di Korea Utara termasuk Okryugwan (yang paling terkenal menjual mie dingin gaya Pyongyang) serta Restoran Daging Anjing Pyongyang, yang memberikan spesialisasi dalam namanya.

Untuk orang luar, mungkin terlihat agak hambar, tetapi situs tersebut menjelaskan mengapa makanan Korea Utara sangat enak.

"Rasa dan aromanya, warnanya cantik, beragam dan menyehatkan bagi tubuh," jelasnya.

Jika Anda berminat untuk menonton film, korfilm.com.kp adalah situs web yang fokus menyorot industri film Korea Utara.

Festival Film Internasional Pyongyang dipromosikan secara besar-besaran di situs ini, dilengkapi instruksi terperinci tentang cara ikut serta. Tiga jenis film yang dapat Anda tonton di festival ini adalah film seni, dokumenter, dan film animasi.

Tampilan Internet di Korea Utara yang 'Super Simpel'Tampilan Internet di Korea Utara yang 'Super Simpel'. Foto: BBC

Akan tetapi internet yang dimiliki Korea Utara masih tetap misterius dan tertutup. Warganya bahkan sangat dilarang untuk terhubung ke internet luar.



Simak Video "Lagi dan Lagi! Korut Pamer Tembakan Rudal Anti-Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)