Tren Transaksi HUT RI, Bendera-Kerupuk Jadi Paling Laris di Tokopedia

Tren Transaksi HUT RI, Bendera-Kerupuk Jadi Paling Laris di Tokopedia

Inkana Izatifiqa R Putri - detikInet
Kamis, 19 Agu 2021 13:06 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Merayakan hari ulang tahun ke-12 bertepatan dengan HUT RI, Tokopedia menggelar Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun, Selasa (17/8). Acara ini ditayangkan melalui beberapa stasiun televisi dan kanal video streaming Tokopedia Play.

Di acara ini, Tokopedia menghadirkan pengalaman belanja live, interaktif dan menghibur. Hadirnya salah satu brand ambassador Tokopedia, BTS pun disambut masyarakat dengan antusiasme yang besar.

"Acara ini bahkan sempat menempati peringkat pertama trending topic di Indonesia maupun dunia," jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021).

Selama berlangsung, WIB TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun Tokopedia meraih 1,5 juta views di Tokopedia Play. Tokopedia juga membocorkan tren transaksi selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021.

Bendera Merah Putih menjadi salah satu produk yang laku keras menjelang HUT RI. Hal ini membuktikan bahwa meski dalam kondisi pandemi, semangat masyarakat tak lantas surut walaupun merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dari rumah.

"Terbukti dari jumlah transaksi produk bendera merah putih dan dekorasi 17an, misalnya, masing-masing meningkat lebih dari 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020," ungkap Ekhel.

Selain bendera, penjualan kaos dengan desain nasionalis juga meningkat drastis. Tokopedia mencatat jumlah transaksi kaos bergambar Indonesia melonjak hampir 3x lipat.

Menariknya, Tokopedia juga mencatat transaksi kerupuk meningkat lebih dari 2,5x lipat. Adapun peningkatan ini terjadi selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Di tengah pandemi, mengadakan lomba 17an di rumah bersama keluarga tercinta ternyata menjadi alternatif merayakan HUT 76 Indonesia," tambah Ekhel.

Bukan hanya kerupuk, nasi tumpeng pun diburu masyarakat belakangan ini. Menurut data internal Tokopedia, jumlah transaksi nasi tumpeng meningkat hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Ekhel menambahkan saat ini masyarakat juga semakin banyak yang berbelanja produk makanan dan minuman melalui Tokopedia Nyam. Hal ini tercatat dari jumlah camilan lokal yang banyak terjual di Tokopedia Nyam.

"Kami mencatat camilan lokal, seperti pisang goreng madu, bakmi, cokelat serta kacang menjadi beberapa camilan favorit masyarakat selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021," jelas Ekhel.

"Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang sudah berbelanja di toko lokal lewat Tokopedia. Upaya ini bisa membuat kita bangkit bersama, memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi. Mengingat penjual di Tokopedia yang kini berjumlah lebih dari 11 juta merupakan hampir 100%nya UMKM lokal dan penopang signifikan pendapatan negara adalah UMKM lokal," pungkas Ekhel.

(mul/fay)