Lindungi Mitra Saat Pandemi, Grab Investasi Rp 25 M untuk Program ATASI

Lindungi Mitra Saat Pandemi, Grab Investasi Rp 25 M untuk Program ATASI

Angga Laraspati - detikInet
Jumat, 06 Agu 2021 20:04 WIB
Grab
Foto: Grab
Jakarta -

Grab Indonesia punya jurus dalam melindungi kesehatan dan pendapatan mitra pengemudinya selama masa pandemi. Grab menggunakan program ATASI (Antisipasi, TAngkal, VaksinaSI) yang telah diluncurkan Senin (2/8) yang lalu.

Di masa pandemi kali ini, Grab menyadari perjuangan para mitra pengemudi sangatlah berat. Dari sinilah, Grab menginisiasi program ATASI. Adapun program tersebut mencakup.

Antisipasi

Program ini mencakup pengembalian biaya tes Antigen atau PCR mitra pengemudi senilai Rp 800.000 serta proteksi pendapatan sampai Rp 3 juta per mitra yang terkonfirmasi positif COVID-19. Mitra juga mendapatkan harga khusus untuk tes kesehatan umum di klinik Kimia Farma. Serta, diskon Rp 5.000 dengan batas transaksi Rp 20.000 di GrabFood.

Tangkal

Pada program ini, Grab mendukung 150 ribu mitra pengemudi untuk memperoleh barang kebutuhan sehari-hari (sembako) dan obat-obatan senilai Rp50.000 dari Indomaret melalui aplikasi mitra.

Vaksinasi

Grab mendorong dan mendukung program vaksinasi bagi mitra pengemudi di seluruh Indonesia dengan komunikasi yang intens dan menyeluruh.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan Grab telah menginvestasikan Rp 25 miliar untuk program ATASI yang bertujuan untuk melindungi kesehatan dan pendapatan Mitra Pengemudi di masa pandemi.

"Kami harap program ini akan membantu Mitra Pengemudi yang terdampak pandemi dan setidaknya dapat mengurangi beban pikiran yang ada," kata Ridzki dalam keterangan tertulis, Jumat (6/8/2021).

Sebanyak 27 ribu Mitra Pengemudi juga telah memanfaatkan paket sembako program ATASI sejak diluncurkan Senin lalu. Menanggapi inisiatif ini, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengapresiasi Grab Indonesia dalam memberikan dukungan dan bantuan terhadap mitra-mitranya di masa pandemi COVID-19.

"Saya menghargai upaya Grab Indonesia untuk terus mendukung Mitra Pengemudinya di masa-masa seperti ini. Kesadaran Grab akan pentingnya tindakan pencegahan dan memperlambat tingkat infeksi, serta mengatasi kesulitan yang dihadapi Mitranya selama masa PPKM dengan program ATASI patut diapresiasi," ujar Budi.

"Semoga upaya ini dapat membantu pemerintah dalam rangka menekan tingkat infeksi Covid-19 dan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional," sambungnya.

Mitra bisnis Grab juga telah memberikan kontribusi senilai Rp 11 Miliar untuk program ATASI ini. Grab juga menyediakan GrabModal yaitu pinjaman mikro untuk mitra pengemudi dan pengantaran di Indonesia yang dikembangkan bekerja sama dengan JULO, sebuah perusahaan penyedia kredit digital yang berizin dan diawasi oleh OJK.

GrabModal dengan dukungan JULO menawarkan proses yang sepenuhnya online, memberikan akses pada hari yang sama ke pinjaman untuk mitra pengemudi yang dipilih sebelumnya.

Saat ini, pinjaman mikro sedang diluncurkan secara bertahap, dan diharapkan akan dapat diperluas ke lebih dari 100.000 mitra pengemudi dan pengantaran di Indonesia pada akhir tahun ini.

Pinjaman tunai ini ditujukan untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan mereka berdasarkan pilihan mereka sendiri, termasuk biaya sehari-hari, perbaikan dan pemeliharaan kendaraan, pendidikan, renovasi, dan keadaan darurat.



Simak Video "Naik Grab Sambil Nabung untuk Tanam Pohon Lewat Fitur Baru Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)