Balada Johnny G Plate Sempat Tidak Tahu Alamat Kominfo

Balada Johnny G Plate Sempat Tidak Tahu Alamat Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 06 Agu 2021 20:45 WIB
Menkominfo Johnny G Plate mengkoreksi program Merdeka Sinyal 2020. Ia menghapus angka 2020 dari program yang telah dicanangkan di era Menkominfo Rudiantara.
Menkominfo Johnny G. Plate. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate membagikan pengalaman unik sesaat menjabat menteri. Johnny mengaku pernah tidak tahu alamat kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berada.

Pengalaman muncul ketika Johnny ditunjuk sebagai salah satu menteri di kabinet Indonesia Maju di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Setelah ditunjuk jadi menteri, nyari kantor Kominfo pun saya nggak tahu. Ini kalau mau jujur, nyari kantor Kominfo sampai nanya," ungkap Johnny secara virtual di acara Menuju 20 Tahun Kominfo, Jakarta, Jumat (6/8/2021).

"Yang saya tahu itu kantor (Kementerian) Perhubungan, karena bisnis saya di sektor perhubungan, yaitu di perusahaan penerbangan," ucapnya.

Sekedar informasi, sebelum mengembang jabatan Menkominfo, Johnny berkarir sebagai Komisaris PT Indonesia Air Asia dan Direktur Utama PT Air Asia Investama.

"Tidak saja itu, kepanjangan dari Kominfo saja saya tidak tahu. Salah pula saja, diketawain staf dan pejabat Kominfo waktu itu. Untung diketawain secara spontan, kalau tidak, itu tidak berbekas di saya itu Kominfo itu," tuturnya.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan, Departemen Penerangan -- nama lama Kominfo -- sangat melekat dibenaknya. Departemen Penerangan eksis 1945-1999 setelah itu bertransformasi yang kemudian menyandang nama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini.

"Padahal, dari nama itu merefleksikan migrasi atau metamorfosa peran dan fungsi Kominfo luar biasa besarnya," pungkasnya.



Simak Video "Menkominfo Sebut Jumlah Pengguna Internet di RI Capai 202,6 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)