Sebut Lawan Main Teroris, #SouthKoreaRacist Puncaki Trending Topik

Sebut Lawan Main Teroris, #SouthKoreaRacist Puncaki Trending Topik

Tim - detikInet
Minggu, 01 Agu 2021 11:15 WIB
Jakarta -

Javad Foroughi sukses mendapatkan medali emas dari cabang olahraga menembak di 10 meter air pistol Putra. Tapi sayang keberhasilannya ini pun digugat oleh atlet Korea Selatan Jin Jong-oh.

Legenda menembak dari Negeri Ginseng itu mempertanyakan keterlibatan Javad Foroughi, yang disebutnya sebagai 'teroris'. Jin juga mempertanyakan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mengizinkan Javad berpartisipasi.

"Bagaimana bisa seorang teroris jadi pemenang pertama? Itu adalah hal paling absurd dan konyol," kata Jin seperti dikutip Metro.co.uk dari laporan Korean Times.

Pernyataan Jin pun menjadi kontroversial dan mengundang banyak perdebatan berbagai pihak. Dan akhirnya Jin Jong Oh akhirnya meminta maaf atas pernyataannya itu. Permintaan maaf tersebut disampaikan melalui media sosial.

"Saya meminta maaf karena menyebabkan kontroversi dengan komentar yang tidak pantas selama wawancara dengan media ketika saya kembali ke Bandara Internasional Incheon. Saya sangat merenungkan hal ini, dan saya meminta maaf kepada Foroughi yang terluka oleh pernyataan saya," ujar Jin Jong Oh.

Meski sudah meminta maaf namun karena ulah Jin muncul tagar South Korea Racist yang menggema di media sosial khususnya di Twitter.

Dipantau detiKINET tagar #SouthKoreaRacist saat ini berada di urutan nomor satu trending topik di Indonesia dan juga trending di beberapa negara. Banyak yang kecewa bahkan tak aneh jika negara K-Pop ini memang rasis terutama pada negara-negara berkembang.

Tak hanya itu, ada juga yang menyinggung drama buatan Korea Selatan berjudul 'Racket Boys' yang dinilai mengejek dan menghina supporter Indonesia.

(jsn/afr)