Bisa ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Terima Kasih ke Pegawai Amazon

Bisa ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Terima Kasih ke Pegawai Amazon

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 21 Jul 2021 14:48 WIB
Blue Origin Jeff Bezos
Bisa ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Berterima Kasih Kepada Karyawan Amazon Foto: AP
Jakarta -

Sesaat setelah menyelesaikan penerbangannya ke luar angkasa, Jeff Bezos mengucapkan terima kasih kepada karyawan dan pelanggan Amazon. Tapi ucapan Bezos ini justru mengundang kritik dari banyak pihak.

Dalam konferensi pers setelah penerbangan misi First Human Flight Blue Origin, Bezos mengucapkan terima kasih kepada karyawan dan pelanggan Amazon karena telah membuatnya kaya raya seperti saat ini dan mewujudkan mimpinya terbang ke luar angkasa.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada semua karyawan Amazon dan semua pelanggan Amazon karena kalian yang membayar untuk semua ini," kata Bezos, seperti dikutip dari New York Times, Rabu (21/7/2021).

Ucapan terima kasih seperti ini langsung dikritik oleh netizen dan politisi di media sosial. Sebagian besar mengungkit bagaimana Amazon memperlakukan karyawannya seperti memberikan gaji yang rendah, waktu istirahat kerja yang sedikit, hingga memaksa kurir untuk buang air kecil di botol agar bisa mengantarkan pesanan dengan lebih cepat.

Seperti kritik yang diutarakan oleh anggota Kongres AS Alexandria Ocasio-Cortez di Twitter. Ocasio-Cortez mengatakan karyawan Amazon memang membayar untuk perjalanan Bezos ke luar angkasa berkat ketidakadilan yang mereka terima.

"Ya, karyawan Amazon memang membayar untuk ini, dengan upah yang lebih rendah, mendobrak serikat pekerja, tempat kerja yang ramai dan tidak manusiawi, dan kurir yang tidak memiliki asuransi kesehatan selama pandemi," kata Ocasio-Cortez.

"Dan pelanggan Amazon membayar itu dengan Amazon menyalahgunakan kekuatannya untuk melukai usaha kecil," sambungnya.

Sebagian lainnya mengkritik bagaimana Bezos dan Amazon tidak membayar pajak. Apalagi dengan status Bezos sebagai orang terkaya di dunia, dengan kekayaan sebesar USD 204,6 miliar menurut data Forbes.

"Perjalanan ke luar angkasa bukanlah liburan bebas pajak untuk orang kaya," kata anggota Kongres AS dari Partai Demokrat Earl Blumenauer.

"Kita membayar pajak untuk tiket pesawat. Miliarder terbang ke luar angkasa -- yang tidak menghasilkan nilai ilmiah -- harus melakukan hal yang sama, dan lebih," sambungnya.

Meski Bezos dan Amazon terus dihujani kritik dari anggota Kongres AS, sambutan dari Gedung Putih sedikit lebih hangat. Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan penerbangan ini merupakan momen luar biasa.

Penerbangan Jeff Bezos dan Blue Origin ke luar angkasa memang telah dikritik sejak jauh sebelumnya. Banyak yang berargumen bahwa Bezos sebagai orang terkaya di dunia sebaiknya membantu menyelesaikan masalah di Bumi terlebih dahulu, baru mengurus wisata antariksa.

Bezos menganggap argumen tersebut ada benarnya, tapi mengembangkan teknologi untuk masa depan juga tidak kalah pentingnya. "Mereka sebagian besar benar. Kita harus melakukan dua-duanya," kata Bezos, seperti dikutip dari New York Post, Rabu (21/7/2021).



Simak Video "Ambisi Bos Amazon untuk Perpanjang Umur Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)