Biar Uang Gajian Awet, Ini Cara Bijak Pakai Dompet Digital

Biar Uang Gajian Awet, Ini Cara Bijak Pakai Dompet Digital

Inkana Putri - detikInet
Kamis, 24 Jun 2021 16:13 WIB
Belanja online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Akhir bulan identik dengan tanggal gajian. Namun, tak terasa uang gajian sering kali habis begitu saja. Selain gaya hidup konsumtif, tren penggunaan dompet digital juga bisa jadi salah satu pemicu. Pasalnya, dompet digital membuat belanja jadi lebih mudah dan praktis. Namun, kemudahan ini justru membuat beberapa orang jadi kecanduan belanja.

Oleh karena itu, pastikan kamu bijak dan cerdas saat menggunakan dompet digital. Melansir berbagai sumber, berikut beberapa cara pakai dompet digital biar nggak boros.

1. Buat List Belanja

Cara paling efektif untuk bijak dalam menggunakan dompet digital adalah dengan membatasi pengeluaran. Jika kamu cenderung berbelanja secara impulsif, ada baiknya buat daftar belanja sesuai kebutuhan. Kamu bisa buat daftar belanjaan berdasarkan prioritas dan membuat beberapa waiting list.

2. Isi Saldo Secukupnya

Jumlah saldo melimpah pada dompet digital tak jarang membuat orang cenderung ingin terus belanja. Oleh karena itu, sebaiknya isi saldo dompet digitalmu sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa pastikan budget saldo setiap bulan biar nggak boros.

3. Hindari Kredit

Beberapa dompet digital kini menawarkan sistem pembayaran kredit atau dikenal juga dengan 'pay later'. Jika kamu cenderung impulsif dan sulit mengelola keuangan, sebaiknya hindari pembayaran dengan sistem ini.

4. Manfaatkan Promo

Tak selalu bikin boros, dompet digital juga bisa jadi cara untuk menghemat pengeluaran bulanan. Pasalnya, ada beragam promo yang bisa didapatkan mulai dari diskon hingga cashback untuk pembelanjaan barang-barang tertentu.

Salah satunya dengan memanfaatkan promo Pesta Kartu Bank dari DANA yang berlangsung selama 5 April-25 Juli 2021. Lewat promo ini, kamu bisa mendapatkan diskon hingga Rp50 ribu.

Adapun promo ini berlaku untuk pengguna yang bertransaksi menggunakan Kartu Debit atau Kartu Kredit Bank tersimpan di aplikasi DANA. Info selengkapnya cek di sini.

(mul/fay)