Janda Orang Terkaya Dunia Bagi-bagi Duit Rp 38 Triliun

Janda Orang Terkaya Dunia Bagi-bagi Duit Rp 38 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 16:15 WIB
mackenzie scott
MacKenzie Scott dan suami barunya. Foto: GeekWire
Jakarta -

MacKenzie Scott, janda orang terkaya dunia Jeff Bezos, amatlah dermawan. Ia sudah beberapa kali menyumbangkan uang amat besar untuk amal. Terbaru, MacKenzie yang belum lama menikah lagi dengan guru sains ini kembali membagikan banyak kekayaannya.

Salah satu wanita terkaya di dunia ini mengumumkan donasi senilai USD 2,7 miliar atau di kisaran Rp 38 triliun. Uang itu bakal dibagi-bagikan pada 286 organisasi yang berdampak besar secara sosia, dari organisasi seni, kesetaraan, pendidikan sampai yang mengurus kekerasan dalam rumah tangga.

Ini adalah donasi pertama yang diumumkan setelah pernikahan MacKenzie dengan Dan Jewett, seorang guru sains. Sang suami mendukungnya penuh.

"Saya dengan Dan, kami berusaha untuk memberikan pendanaan untuk perubahan. Dalam usaha ini, kami dipandu ketakinan bahwa akan lebih baik kemakmuran tidak terkonsentrasi pada sejumlah kecil orang," tulisnya, seperti dikutip detikINET dari CNBC.

Ini adalah sumbangan besar ketiga kalinya dari MacKenzie dalam kurun waktu kurang dari setahun. Dia menjadi punya banyak uang usai perceraian dengan Bezos, di mana MacKenzie berhak atas 4% saham Amazon.

Kekayaan terkini MacKenzie menurut Forbes adalah USD 59 miliar. Pada bulan Juli 2020, MacKenzie memberikan donasi USD 1,7 miliar. Kemudian Desember silam, dia menyumbang lagi USD 4,2 miliar. Sekarang, ditambah lagi sumbangan sebanyak USD 2,7 miliar.

Sumbangan MazKenzie diarahkan ke berbagai organisasi terpilih. Beberapa waktu lalu, MacKenzie mengaku prihatin dengan meningkatnya kemiskinan karena pandemi Corona, yang menjadi salah satu alasan ia berdonasi.

"Pandemi ini menghancurkan kehidupan warga Amerika yang sudah kesulitan. Kerugian ekonomi dan kesehatan lebih buruk menimpa para wanita, orang berwarna dan mereka yang berada dalam kemiskinan. Di sisi lain, kemakmuran para triliuner meningkat secara substansial," kata MacKenzie.



Simak Video "Ambisi Bos Amazon untuk Perpanjang Umur Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)