Ini Dia Kehidupan Bill Gates Sebelum Ada Microsoft

Ini Dia Kehidupan Bill Gates Sebelum Ada Microsoft

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 02 Jun 2021 14:40 WIB
fotoinet potret langka bill gates remaja
Foto Bill Gates saat muda (Foto: Facebook)
Jakarta -

Bill Gates tidak lepas dari nama perusahaan yang ia dirikan, Microsoft. Dari sana juga ia menjadi satu dari jejeran orang terkaya di dunia. Kira-kira seperti apa kehidupannya sebelum menjadi Founder Microsoft?

Bill Gates lahir pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Ayahnya William H. Gates Senior adalah seorang pengacara perusahaan dan ibunya, Mary Maxwell Gates merupakan seorang guru yang kemudian menjadi anggota dewan First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell, dan National Board of United Way.

Gates punya seorang kakak perempuan, Kristianne, dan seorang adik perempuan, Libby. Ketika Gates berusia 13 tahun, orang tuanya mendaftarkannya di Lakeside School Seattle. Nah di Lakeside lah suami dari Melinda Gates ini bertemu Paul Allen, yang akan membantu mendirikan Microsoft.

Melansir Sites, Rabu (2/6/2021) Bill Gates unggul dalam matematika dan sains saat di sekolah. Di satu sisi, Gates memiliki gairah mendalami teknologi, tepatnya ketika ia berusia 13 tahun. Dia menulis sebuah program dalam bahasa komputer BASIC. Program ini adalah permainan tic-tac-toe di mana pengguna dapat bermain melawan komputer.

Bill Gates dan Paul Allen menjadi teman baik meskipun faktanya Allen dua tahun lebih tua dari Gates. Gates dan Allen terikat karena minat mereka yang sama pada komputer. Kemampuan Gates meningkat, ia bisa menulis program komputer di Lakeside untuk penjadwalan kelas siswa. Gates kemudian menggunakan ini untuk keuntungannya dengan memodifikasi program sehingga ia hanya akan ditempatkan di kelas dengan mayoritas siswa perempuan.

Ketika Gates berusia 17 tahun, ia masuk ke bisnis dengan Paul Allen mengembangkan 'Traf-o-Data' yang merupakan program komputer yang memantau pola lalu lintas di Seattle. Setelah kesuksesan ini, Gates ingin putus sekolah, tetapi orang tuanya ingin dia kuliah dan menjadi pengacara seperti ayah Gates.

Bill Gates lulus dari Lakeside pada tahun 1973. Dia mencetak skor yang hampir sempurna pada SAT dengan 1590 dari 1600. Ia kemudian menempuh kuliah di Harvard University sampai tahun pertama.

Saat di Harvard, Gates bertemu Steve Ballmer. Selama ini, Paul Allen telah putus sekolah dan bekerja di Honeywell. Musim panas setelah tahun pertamanya, Gates juga mendapat pekerjaan di Honeywell.

Artikel yang mengubah hidup Bill Gates

Pada tahun 1975, Bill Gates membaca sebuah artikel yang mengubah segalanya. Artikel tersebut dimuat dalam Popular Electronics Magazine edisi Januari 1975 yang membahas komputer mini Altair 8800. Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS) merupakan perusahaan asal Meksiko.

Hal ini membuat Gates dan Allen menjadi lebih tertarik pada industri komputer pribadi. Karena ingin lebih terlibat dalam komputer pribadi, Gates dan Allen ingin tahu apakah MITS tertarik dengan perangkat lunak yang ia sedang kembangkan.

Untungnya bagi Gates dan Allen, MITS tertarik pada jenis perangkat lunak yang dibicarakan Gates dan Allen. Allen dan Gates akhirnya mengembangkan perangkat lunak BASIC untuk Altair 8800. Allen dan Gates dipekerjakan untuk bekerja di MITS. Tidak sampai setahun kemudian, Gates keluar dari Harvard dan membentuk Micro-Soft dengan Paul Allen pada 4 April 1975.

Inilah yang kemudian menjadi Microsoft. Dari situ, sejarah Bill Gates menjadi seperti yang sekarang.



Simak Video "Beredar Kabar Bill Gates Selingkuh dengan Staf Microsoft"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)