AirTag Dijajal untuk Lacak Pencurian Barang

AirTag Dijajal untuk Lacak Pencurian Barang

Josina - detikInet
Rabu, 19 Mei 2021 16:45 WIB
AirTag
Foto: dok Apple
Jakarta -

AirTag produk buatan Apple ini dirancang untuk memudahkan pengguna untuk melacak dan menemukan barang-barang pribadi, seperti gantungan kunci, atau dompet yang kerap hilang tersembunyi.

Nah, kemampuan AirTag ini pun diuji apakah ia bisa difungsikan untuk mencegah pencurian barang-barang?

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Rabu (19/5/2021) sebuah toko sepeda yang tidak diketahui persis lokasinya mencoba untuk mengujinya dengan mengikatkan AirTag ke bagian bawah sadel sepeda yang diparkir di luar toko.

Mereka pun kemudian meminta rekannya untuk mencoba 'mencuri' sepeda dan mengendarainya ke lokasi yang tidak diketahui dengan durasi waktu 10 menit untuk memulainya.

Bagi yang belum tau AirTag dapat dilacak dengan menggunakan jaringan Find My Apple yang terdiri dari iPhone dan iPad dan perangkat Apple lainnya di area tersebut.

Setiap kali AirTag mendekati salah satu perangkat tersebut, ia akan melakukan ping ke jaringan untuk memberi tahu lokasinya. Dalam skenario ini, pemilik toko sepeda mendapatkan ping pertama mereka sekitar 8 menit setelah sepeda diambil.

Karena sepeda terus bergerak, pelacakan tidak akan selancar atau sekonsisten GPS biasa, tetapi beberapa ping yang berhasil dikirim kembali memungkinkan pemiliknya mengetahui ke mana tujuan sepeda tersebut.

Apple sendiri sebenarnya tidak mengiklankan AirTag untuk digunakan dengan cara ini, tetapi ini bisa menjadi informasi berguna yang bisa pengguna berikan kepada polisi jika menemui pencurian.



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)