Kumpulan Lengkap Ucapan Idul Fitri 2021, Cocok Kirim Teman dan Status Medsos

Kumpulan Lengkap Ucapan Idul Fitri 2021, Cocok Kirim Teman dan Status Medsos

Kristina - detikInet
Jumat, 14 Mei 2021 07:00 WIB
Hari Raya Idul Fitri jadi momen yang dinanti umat Islam usai menjalankan ibadah puasa. Suka cita rayakan Lebaran pun dirasakan oleh warga di Nepal van Java.
Foto: Pius Erlangga/Detikcom
Jakarta -

Merayakan momen Idul Fitri 2021 tidak lengkap rasanya jika tidak memberikan ucapan kepada saudara, teman, hingga memasangnya di status media sosial.

Beberapa pendapat mengatakan, ucapan Idul Fitri merupakan salah satu cara untuk menjalin silaturahmi, terlebih di masa pandemi saat ini. Ada banyak ucapan-ucapan yang menyentuh hati mulai dari pantun, kata mutiara, hingga ucapan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Berikut kumpulan ucapan Idul Fitri 2021 dirangkum detikInet dari berbagai sumber,

Pantun ucapan Idul Fitri 2021

1. Jika diawali dengan bismillah
Maka harus diakhiri dengan hamdalah
Tibalah kita di hari yang fitrah
Harap dimaafkan segala salah

2. Pakai baju baru di hari lebaran
Baju baru beli di pasar seni
Sudah saatnya kita saling memaafkan
Di hari yang fitri ini.

3. Hari lebaran pergi Jumatan
Pulang Jumatan sandalnya hilang
Mari kita saling memafkan
Salah ucap maupun perbuatan

4. Pulang kampung lihat bebek
Sekalian jalan-jalan beli kedondong
Idul Fitri is coming back
Teman maafin kita dong

5. Keju edam dari Belanda
Kalau gudeg dari Yogya
Kalau maaf-maafan jangan ditunda
Mohon maaf dan selamat Idul Fitri ya

6. Buka puasa minum es kelapa
Minumnya paling enak bareng yang dicinta
Karena pandemi tak bisa jumpa
Melalui pesan WA maaf ku minta

7. Suara azan dikumandangkan muazin
Salat itu wajib rutin
Minal Aidin Wal Fa Idzin
Mohon maaf lahir dan batin.

8. Ikan tongkol nyangkut di gigi
Para santri makan kuaci
Hati dongkol buanglah pergi
Idul Fitri hari yang suci

9. Lemak sayur karena santan
Air kelapa direndam semalaman
Niat hati ingin bersalaman
Apa daya pandemi membuat kita harus berjauhan

10. Makan ketupat di Hari Lebaran
Tapi nggak usah pakai gorengan
Tiba saatnya kita saling memaafkan
Agar tak ada lagi dendam di hari kemenangan.

Kata Mutiara Ucapan Idul Fitri 2021 dalam bahasa Indonesia

1. Jiwa-jiwa kembali putih seakan lahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan hakiki. Selamat Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin.

2. Maaf adalah pengakuan atas kesalahan dan memaafkan adalah penghargaan atas pengakuan kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir batin.

3. Maaf memang tidak akan mengubah masa lalu, tapi mengubah masa depan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

4. Hati yang seputih kertas jangan dinodai dengan enggan saling memberi maaf. Mari buka hati, julurkan tangan, jabat jemari, saling memberikan maaf di hari nan fitri. Selamat Lebaran!

5. Andai jemari tak sempat berjabat, jika raga tak bisa bersua, bila ada kata membekas luka, semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Idul Fitri 1442 H!

Ucapan Idul Fitri 2021 dalam bahasa Inggris

1. A Glass of care, a plate of love, a spoon of peace, a fork of truth, and a bowl of duas. Mix with spices of Quraan. Ramadhan Mubarak!

(Segelas kepedulian, sepiring cinta, sesendok damai sejahtera, segarpu kebenaran, dan semangkuk doa tercampur dengan bumbu Al-Qur'an. Ramadhan Mubarak!)

2. Happy Eid Mubarak. Let us forget our mistake in the past with all the forgiveness and may God gives us abundantly of happiness and prosperity ahead.

(Selamat hari raya Idul Fitri. Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan maaf memaafkan dan semoga Allah memberikan kita kebahagiaan dan kemakmuran yang melimpah ke depannya.)

3. Enjoy these amazing days and remember those who need our help. Happy Eid and Happy Holidays to Everyone!

(Nikmati hari-hari hebat ini dan ingatlah pada mereka yang membutuhkan bantuan kita. Selamat lebaran dan selamat berlibur untuk semuanya!)

4. The most noble man is one who forgives the mistakes of others. On this glorious day, I apologize for any wrong. Eid Mubarak.

(Manusia paling mulia adalah yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Hari Raya.)

5. May the crescent moon, shower love, luck, and health on you, may your prayers be heard, and your life become more beautiful and happy. Eid Mubarak!

(Semoga menjadi bulan yang penuh cinta, keberuntungan, dan kesehatan padamu. semoga doamu didengar, dan hidupmu menjadi lebih indah dan bahagia. Selamat Idul Fitri!)

Ucapan Idul Fitri 2021 dari berbagai bahasa Nusantara

1. Jawa
Ngaturaken sugeng riyadi sedoyo kalepatan kulo nyuwun pangapunten. (Saya ucapkan selamat Idul Fitri, saya meminta maaf atas segala kesalahan)

2. Sunda
Wilujeng boboran siam, hapunten samudaya kalepatan. (Selamat berlebaran. Mohon maaf atas semua kesalahan.)

3. Padang
Salamaik Hari Rayo Idul Fitri, mohon maaf laia jo batin jiko ado salah. (Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin jika ada salah.)

4. Bugis
Salamaki mallepe' fittarah. (Selamat Idul Fitri)

5. Bali
Aturang titian rahajeng Idul Fitri, titian nunas ampura lahir batin. (Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.)

6. Manado
Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin atas samua kita pe kesalahan. (Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin atas semua kesalahan.)

7. Banjar
Salamat bahari raya. (Selamat hari raya.)

8. Lombok
Selamet Idul Fitri, Tunas Ampun Lahir dan Batin. (Selamat Idul FItri. Mohon maaf lahir dan batin.)

9. Buton
Selamat Idul Fitri, Hani Maafu Lahir Teu Bathin Tomo Bari-baria Kesalahanku. (Selamat Idul Fitri. Maaf lahir batin atas segala kesalahanku.)

10. Aceh
Selamat hari raya Idul Fitri. Meuah Lahee Bathen. (Selamat hari raya Idul Fitri. Maaf lahir dan batin.)

Ucapan Idul Fitri menurut sunnah nabi SAW

1. Taqobbalallahu minna wa minkum.

Sebagaimana dalam sebuah riwayat yang dikisahkan Jubair bin Nufair, para sahabat Rasulullah saling mengucapkan kalimat tersebut saat berjumpa di Hari Raya Idul Fitri, dikutip dari Kitab Fathul Bari oleh Ibnu Hajar Al Asqolani:

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .

Artinya: Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari 'ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, "Taqobbalallahu minna wa minkum."

2. Minal Aidin wal Faizin

Ucapan ini juga seringkali dipakai umat Islam saat mengucapkan hari Raya Idul Fitri. Minal Aidin wal Faizin artinya kita kembali dan meraih kemenangan. Ucapan ini berarti sebuah doa.

Tidak ada hadits nabi SAW secara spesifik yang menjelaskan tentang makna kata ini. Namun, para ulama berpendapat bahwa selama memberikan ucapan yang baik, maka diperbolehkan. Terlebih ucapan tersebut bermakna sebuah doa.

Ucapan Idul Fitri 2021 di atas bisa dikirimkan lewat pesan singkat dan juga cocok dijadikan untuk status media sosial. Selamat Idul Fitri!



Simak Video "183 Napi di Lapas Tasikmalaya Dapat Remisi Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)