Ini Link Live Streaming Sidang Isbat Idul Fitri 2021

Ini Link Live Streaming Sidang Isbat Idul Fitri 2021

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 11 Mei 2021 12:13 WIB
Petugas mengamati posisi hilal menggunakan teropong saat pemantauan Hilal di Pantai Jerman, Kuta, Badung, Bali, Senin (12/4/2021). Pengamatan yang dilakukan di kawasan Bali selatan untuk menentukan awal Ramadhan 1442 H tersebut tidak berhasil melihat Hilal karena tertutup awan tebal. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Ilustrasi memantau hilal (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Pemerintah akan melakukan sidang isbat penentuan Idul Fitri pada Selasa (11/5) sore. Masyarakat bisa mengikutinya lewat link live streaming.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat hari ini, Selasa (11/5/2021), untuk mengumumkan penentuan 1 Syawal 1442 H. Sidang isbat akan digelar secara daring dan luring dimulai sekitar pukul 16.45 WIB.

[Gambas:Instagram]

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin langsung sidang isbat. Karena masih pandemi COVID-19, sidang isbat dilakukan mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 H secara daring dan luring," terang Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Untuk itu menurut Kamaruddin, panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan (Zoom Meeting), baik untuk peserta sidang maupun media. Sebab, peliputan juga akan dilakukan secara terbatas.

Nah, nantinya masyarakat bisa ikut langsung memantau jalannya sidang isbat. Kemenag menyediakan beberapa link live streaming untuk menonton sidang isbat.

Klik di bawah ini untuk Link Live Streaming Sidang Isbat:

detikcom juga akan menggelar live streaming sidang isbat Idul Fitri 2021. Klik di bawah ini untuk Link Live Streaming Sidang Isbat di detikcom:

Secara terpisah, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim, mengatakan ada 88 titik yang akan dijadikan tempat untuk memantau rukyatul hilal. Di Jakarta, Kemenag memantau hilal di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Thomas Djamaluddin memberikan pendapatnya soal kapan waktu Lebaran 2021. Menurut Thomas Djamaluddin, pada Selasa (11/5/2021) hari ini karena posisi Bulan masih terbenam atau masuk dalam ketinggian minus, maka hilal mustahil terlihat.

"Ramadhan 30 hari, Idul Fitri nya tanggal 13 Mei," ujar Thomas.

Apakah nanti prediksi Lapan akan sama dengan sidang isbat, yuk kita tunggu bersama-sama!

Simak juga video 'Pantauan BMKG soal Potensi Terlihatnya Hilal':

[Gambas:Video 20detik]



(fay/fyk)