Jadi Kreator Lensa AR di Snapchat Bisa Dapat Duit Lho!

Jadi Kreator Lensa AR di Snapchat Bisa Dapat Duit Lho!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 07 Mei 2021 05:43 WIB
Filter Baru Snapchat untuk Makanan
Jadi Kreator Lensa AR di Snapchat Bisa Dapat Duit Lho! Foto: Istimewa
Jakarta -

Filter atau lensa augmented reality (AR) saat ini sudah menjadi bagian penting untuk membuat konten di media sosial, termasuk di Snapchat. Ternyata dengan membuat lensa AR di Snapchat kalian juga bisa dapat duit lho.

Director of Market Development SEA, Snap Inc Anubhav Nayyar mengatakan ada empat tahap yang bisa dilakukan untuk menjadi kreator lensa di Snapchat. Pertama dengan mengikuti program pelatihan yang diadakan Snapchat di Indonesia.

Saat ini Snapchat sudah mengadakan program pelatihan IDCamp AR Creator yang didukung oleh Lens Studio. Program ini merupakan kolaborasi dengan Indosat Ooredoo.

"Tujuan Creator Fund ini adalah untuk mengidentifikasi kreator lokal di Indonesia dan menawarkan mereka kesempatan untuk belajar apa itu AR, bagaimana menciptakan experience ini, dan kemudian menciptakan pengalaman itu di Snapchat," kata Nayyar dalam diskusi virtual, Kamis (6/5/2021).

Saat ini ID Camp AR Creator baru berjalan beberapa minggu tapi Nayyar sudah melihat antusiasme yang tinggi dari anak muda Indonesia. Ia mengatakan saat ini sudah ada 2.000 developer yang mendaftar dan sudah ada 350 lensa yang diciptakan dan bisa digunakan oleh pengguna Snapchat di seluruh dunia.

Selain lewat program pelatihan, Snapchat juga memiliki beberapa inisiatif untuk memperluas kesadaran kreator muda di Indonesia tentang potensi AR. Misalnya dengan workshop yang mengenalkan Lens Studio, salah satu tools untuk menciptakan lensa AR, ke universitas dan sekolah desain di Indonesia.

Setelah memiliki pemahaman dan kemampuan menciptakan lensa AR, Nayyar mengatakan kreator tidak boleh berhenti mengasah keterampilannya tersebut. Jika sudah merilis beberapa lensa di Snapchat, kreator harus mencari cara agar popularitasnya terus meningkat.

Salah satu cara untuk mendorong popularitas adalah dengan memastikan lensa yang diciptakan dipakai oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang pakai, maka kreator akan semakin mudah menggaet brand untuk diajak bermitra dan menciptakan lensa Snapchat khusus bagi mereka.

"Khususnya developer lensa yang memiliki popularitas tinggi bisa mendapatkan mitra untuk kemudian self-brand yang kemudian bisa jadi cara bagus bagi mereka untuk mendapatkan uang," ucap Nayyar.

"Itu biasanya cara kreator lensa di seluruh dunia mendapatkan uang," pungkasnya.



Simak Video "Sanksi Kericuhan Capitol, Snapchat Blokir Permanen Akun Donald Trump"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)