Jam Sahur Jadi Waktu Favorit Buat Belanja Online

Jam Sahur Jadi Waktu Favorit Buat Belanja Online

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 06 Mei 2021 18:13 WIB
Ilustrasi BELANJA online
Foto: ShutterStock
Jakarta -

Selama Ramadhan, kegiatan khas yang dilakukan muslim adalah bangun dini hari untuk makan sahur. Nah, waktu sahur juga dimanfaatkan orang Indonesia untuk check out belanja online mereka.

Berdasarkan riset iPrice, di Indonesia terjadi lonjakan traffic belanja online secara signifikan pada pukul 02.00-05.00 pagi. Orang Indonesia secara aktif mengakses internet dan berbelanja online pada waktu sahur.

Dibandingkan negara tetangga Malaysia dan Singapura, tidak ada lonjakan signifikan di jam yang sama. Bisa disimpulkan berbelanja online ketika sahur merupakan seasonal habit atau kebiasaan musiman di Indonesia.

belanja online

Riset iPrice yang dilakukan bersama Jakpat ini dilakukan untuk mengetahui kebiasaan berbelanja online orang Indonesia pada saat pandemi dan menjelang Lebaran.

iPrice merangkum beberapa tren mengenai berbelanja online di negara dengan mayoritas penduduk muslim di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Malaysia. Survei ini disimpulkan menggunakan data internal iPrice melalui Google Analytics.

Selain adanya lonjakan traffic belanja online saat sahur, riset iPrice juga menggungkapkan fakta berikut ini.

belanja online

Produk dalam kategori fashion masih mendominasi

Kategori fashion menduduki peringkat pertama dengan total minat belinya meningkat hingga lebih dari 8000% dalam periode 2 minggu pertama di bulan Ramadhan.

iPrice membandingkan impression pada Google Analytics di periode 2 minggu awal Ramadhan pada tahun 2021 dan 2020. Sebanyak 3 dari 5 top produk yang paling meningkat minat belinya berada dalam kategori fashion yaitu Gamis pada posisi ketiga meningkat hingga 2.800% dan sarung pada posisi keempat 1.800%.

Di peringkat kedua ada toples makanan yang minat belinya meningkat hingga 3.500%, lalu produk kue kering pada posisi ke-6 meningkat hingga 1.600%, diikuti oleh sirup pada posisi ke-8 dengan peningkatan hingga 1.000%, dan kurma pada posisi terakhir dengan total peningkatan hingga hampir 800%.

belanja online

Mayoritas orang Indonesia belanja online lewat smartphone

iPrice menemukan mayoritas orang Indonesia, Malaysia dan Singapura berbelanja online melalui smartphone. Total persentasenya secara berurutan untuk masing-masing negara sebanyak 93%, 68%, dan 55% di 2021.

Singapura dan Malaysia juga memiliki jumlah traffic yang lumayan tinggi dari desktop. Data menunjukkan sebanyak 31% orang di Malaysia berbelanja online menggunakan laptop, sedangkan Singapura memegang peringkat tertinggi yaitu sebanyak 43% dari total transaksi online menggunakan laptop.

Sebaliknya di Indonesia, belanja online menggunakan laptop memiliki persentase yang kecil di Indonesia. Sejak 2020 lalu, hanya 6% dari total transaksi online yang terjadi.

Hal ini mudah dipahami karena sebanyak 77% dari total populasi di Indonesia tidak memiliki laptop. Perangkat ini awam digunakan secara umum dan biasanya hanya dipakai mahasiswa atau orang yang bekerja.

*) Artikel ini berdasarkan riset iPrice "Tren Berbelanja Ramadhan di Indonesia"



Simak Video "Warga Indonesia Juara Satu Belanja Online"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)