Apple Watch Bantu Pantau Kelahiran Bayi di Pesawat

Apple Watch Bantu Pantau Kelahiran Bayi di Pesawat

Josina - detikInet
Rabu, 05 Mei 2021 22:35 WIB
Apple Watch
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Meskipun jarang terjadi tapi ada kemungkinan penumpang wanita sedang hamil melahirkan di pesawat. Namun demikian ada resiko besar karena pesawat bukan tempat steril seperti ruang di rumah sakit, juga tidak ada jaminan adanya dokter atau tenaga medis ahli persalinan lalu juga kurangnya peralatan medis tertentu.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Rabu (5/5/2021) adalah Lavinia Mounga, salah satu penumpang di pesawat yang tidak tahu bahwa dia hamil sebelum melahirkan, namun beruntung ada seorang dokter dan perawat di dalam pesawat untuk membantu persalinannya.

Rupanya memang ada seorang dokter dan tiga perawat neonatal yang satu pesawat dengan Mounga selama penerbangan dari Salt Lake City, Utah, ke Honolulu, Hawaii.

Karena harus melahirkan di pesawat dengan peralatan media seadanya mereka pun menggunakan Apple Watch untuk membantu mengukur dan memantau detak jantung si bayi.

"Tidak ada peralatan yang kami miliki yang cocok untuk bayi prematur dan bayi ini lahir pada minggu ke-29, bukan pada minggu-minggu yang normal. Jadi kami membuat penghangat bayi dari botol yang dipanaskan dengan microwave. Kami menggunakan Apple Watch untuk mengukur detak jantung," kata
Menurut Dr Dale Glenn.

Bayi tersebut berhasil dilahirkan dan begitu mendarat sang ibu dan bayi langsung dibawa ke klinik terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif. Kisah heroik ini pun menambah daftar jasa dari perangkat Apple Watch yang fiturnya membantu banyak pengguna.



Simak Video "Si Canggih Apple Watch 6 dan Si Ekonomis Apple Watch SE"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)